Akhir Maret Ini JIS Rampung, Anies: Akhirnya 13 Tahun Penantian Menemui Ujungnya

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 28 Maret 2022
Akhir Maret Ini JIS Rampung, Anies: Akhirnya 13 Tahun Penantian Menemui Ujungnya
Sejumlah pengunjung berjalan memasuki Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

MerahPutih.com - Masyarakat Jakarta sebentar lagi mempunyai stadion berkelas Internasional. Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di Jakarta Utara, dipastikan rampung seluruhnya pada akhir Maret 2022.

"Garis kebijakan yang kita ambil adalah tuntaskan ini (stadion JIS) dan Insya Allah di Maret 2022 stadion ini akan tuntas 100 persen," ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam YouTube yang dikutip, Senin (28/3).

Baca Juga:

Wagub DKI Sarankan JIS Jadi Tempat Konser Justin Bieber

Anies mengungkapkan, Stadion JIS dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, bukan saja warga DKI, tapi semua warga Indonesia bahkan dunia.

"Akhirnya 13 tahun penantian menemui ujungnya dan JIS siap untuk menampung warga Jakarta, warga Indonesia, dan warga dunia untuk hadir di tempat ini," ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berharap, dari JIS ini, muncul prestasi-prestasi internasional yang bisa membagakan Jakarta dan Indonesia.

"Karena JIS tidak dirancang hanya untuk kegiatan olahraga, JIS ini dibangun sebagai sebuah bangunan untuk multi event," katanya.

Nantinya, ucap Anies, JIS bisa digunakan untuk tempat kegiatan budaya, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial, kegiatan komersial, kesenian, dan lain-lain.

"Jadi ini sebuah tempat berbagai event bisa diselenggarakan," urainya.

 Lapangan utama JIS yang keseluruhan konstruksinya ditargetkan rampung pada Maret 2022 di Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Lapangan utama JIS yang keseluruhan konstruksinya ditargetkan rampung pada Maret 2022 di Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Dengan dibangunnya JIS ini, bisa menjadi mesin penggerak, antara lain untuk menggerakkan perekonomian, untuk mendorong kemajuan yang berdampak pada seluruh kawasan Utara Jakarta.

Anies menyakini, JIS bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Sebab, pembangunan JIS ini, memperhitungkan warga yang ada di sekitarnya dan bisa menjadi motor penggerak peningkatan kesejahteraan bagi lingkungan sekitarnya.

"Ini dibangun dekat kawasan yang pemukiman sebelumnya. Karena itu dari awal dirancang mereka yang tinggal di sekitar JIS nantinya akan bisa tetap tinggal di kawasan itu," katanya.

JIS Dibangun dengan kapasitas tampung penonton sampai 82.000 orang. Desain kursi diklaim memiliki keunikan karena sisi dan kemiringan yang beda yakni vertikal, curam lebih landai.

Selain itu, atap JIS yang bisa buka tutup sehingga bisa diisi dengan berbagai kegiatan baik dalam kondisi terik atau hujan. Atap tersebut berkonstruksi baja dengan berat 3.900 ton dengan ketinggian 72 meter.

Stadion itu juga tidak memiliki lintasan atletik untuk mendekatkan jarak antara lapangan dan penonton. Kemudian dari sisi rumput, lanjut dia, menggunakan teknologi "hybrid turf" yang diklaim pertama tersertifikasi di Indonesia dengan komposisi lima persen rumput sintetis dari Italia dan 95 persen rumput alami asal Boyolali, Jawa Tengah. (Asp)

Baca Juga:

Ditanya Kapan Launching JIS, Wagub Riza: Nanti Dicarikan Momentum

#Jakarta International Stadion (JIS) #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan