Akhir 2017, Ahok Kuasai Transportasi Umum di Jakarta Halte bus Transjakarta di Terminal Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (20/1). (Foto: MerahPutih/Venansius Fortunatus)

MerahPutih Megapolitan - Minimnya fasilitas transportasi umum memang menjadi masalah utama yang ada di Jakarta. Hal tersebut membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau akrab disapa Ahok berjanji akan menguasai semua kendaraan transportasi umum.

"Seluruh bus akan kami kuasai," kata Ahok pada pidato preview Jakarta Fashion & Food Festival di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (13/4).

Bakal calon incumbent di Pilgub DKI 2017 mendatang itu menjelaskan, pada akhir 2017, perusahaan transportasi umum Jakarta seperti Metromini dan Kopami akan dihilangkan.

"Saya harap sampai akhir 2017, bapak ibu sudah tidak melihat mobil yang namanya metromini, kopaja, kopami, zombie-zombie out semua dah. Nanti kita ganti dengan mercedez, xino atau volvo silakan," ujarnya.

Namun, terdapat kendala dalam penyediaan bus. Pasalnya, produsen bus dalam negeri di Ungaran, Jawa Tengah yang Ahok pilih sebagai penyedia bus untuk Jakarta belum bisa memproduksi secara cepat.

"Kalau saya mau beli dari Tiongkok sebulan 2.000 bisa. Saya lebih baik dimarahin orang, tapi tunggu. Sekarang di Ungaran, Jawa Tengah karena kira jamin beli bus gandeng, mereka sudah ada cadangan mesin tinggal pasang, satu hari bisa satu bus gandeng tapi kira butuh ribuan. Enggak apa-apa yang penting industri dalam negeri," tuturnya. (Yni)

BACA JUGA:

  1. Aplikasi TransJakarta, Bentuk Keseriusan Layanan Transportasi Jakarta
  2. Model Transportasi Jakarta Dinilai Paling Buruk
  3. BBM Turun Rp500, Jokowi: Tarif Transportasi Juga Harus Turun
  4. Masyarakat Butuh Transportasi Umum yang Cepat, Mudah, dan Murah
  5. Saatnya Manajemen Transportasi Konvensional Berbenah


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH