Akbar Tanjung Ungkap Alasan Dukung Airlangga di Munas Golkar Politisi senior Partai Golkar Akbar Tanjung memberikan keterangan terkait Munas Golkar di Sukoharjo, Jawa Temgah, Minggu (25/8).(MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Mantan ketum Partai Golkar Akbar Tanjung, memberikan dukungan penuh kepada Airlangga Hartarto maju kembali sebagai ketua umum di Musyarah Nasional (Munas) Desember mendatang.

Alasan Akbar mendukung Airlangga di Munas karena dinilai sosok yang ideal untuk kembali menaikan kursi dan perolehan suara Partai Golkar pada Pemilu 2024.

Baca Juga:

Akbar Tanjung 'Kode' Dukung Bamsoet Jadi Calon Ketua Umum Golkar

"Hasil Pemilu 2019 bisa dijadikan contoh prestasi Golkar dibawah kepemimpinan Airlangga. Pencapaian ini harus kita tingkatkan," ujar Akbar saat berkunjung di DPD I Golkar Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (24/8).

Politisi Senior Golkar Akbar Tanjung
Politisi senior Golkar Akbar Tanjung ungkap dirinya dukung Airlangga Hartarto (MP/Venan Fortunatus)

Ia mengungkapkan Airlangga memiliki hubungan yang cukup baik dengan pemerintah, dibawah kepemimpinan Jokowi. Hal itu modal bagus untuk menaikkan suara Golkar.

"Ya kedekatan Golkar dengan pemerintah pimpinan Jokowi bisa menjadi pintu masuk partai Golkar. Atas dasar itu saya memberikan dukungan kepada Airlangga," kata dia.

Melihat dari segi administrasi dan karakteristik Partai Golkar, kata Akbar, sosok Airlangga Hartanto masih merupakan yang ideal untuk menjadi Ketum Golkar. Ia juga mengungkap adanya dukungan dari DPD I dan DPD II disejumlah daerah kepada Airlangga Hartarto.

"Dukungan kepada Airlangga terus mengalir. Saya optimistis Airlangga kembali menjadi Ketua Umum Golkar periode 2019-2024," kata dia.

Baca Juga:

Akbar Tandjung Minta Seluruh Pihak Hormati Hasil Pemilu 2019

Ia menambahkan dalam Munas nanti perlu adanya evalusi menyeluruh pelaksanaan Pileg. Diketahui Pemilu 2014 Partai Golkar mendapatkan kursi DPR 91 kursi. Namun pada Pemilu 2019 lalu, perolehan kursi menurun menjadi 85 kursi.

"Konflik internal dan terjeratnya kasus korupsi ketua umum sebelumnya menjadi penurunan kursi Partai Golkar dari tingkat daerah sampai puasat," tutup Akbar Tanjung.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Bisa Pertahankan Elektabilitas Golkar, Upaya 'Kudeta' Airlangga Hartarto Dinilai Aneh



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH