Akbar Tanjung Ingatkan Jokowi Tak Sembarangan Pilih Menteri Politikus senior Golkar Akbar Tanjung (dua kiri) (MP/Kanugraha)

Merahputih.com - Politikus senior Golkar Akbar Tanjung berharap Presiden Joko Widodo mengedepankam orang-orang yang profesional untuk mengisi kabinetnya kelak.

Menurut Akbar, sosok profesional harus diutamakan dalam menyusun partai ketimbang tokoh-tokoh partai politik.

Baca Juga:

Politisi Senior Akbar Tanjung Kritik Keras Kinerja DPR

"Yang paling penting yaitu yang punya kompetensi, kualitas dan integritas, itu sangat penting tentu bisa menjamin beliau dapat melanjutkan misi yang telah mereka wujudkan 5 tahun lalu,'' kata Akbar dalam 'Gembira Menyambut Pelantikan Presiden-Wakil Presiden sebagai Bagian Demokrasi' di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (15/10).

Akbar melanjutkan, Jokowi harus meninggalkan kesan dan prestasi maksimal selama dia berkuasa.

"Untuk 5 tahun yang akan datang dengan harapan beliau meninggalkan suatu legacy, suatu kenangan yang akan selalu kita kenang dalam kehidupannkya bermasyarakat berbangsa dan bernegara," jelas Akbar.

Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung (Foto: MP/Muhammad Yani)

Akbar juga menanggapi santai adanya rencana Gerindra yang notabene lawan Jokowi di Pemilu untuk masuk ke kabinet.

"Kalau saya sih termasuk yang berpendapat kalau memang tokohnya memiliki kompetensi untuk memperkuat kabinet ke depan saya kira kita semua akan bersyukur akan menghormati," kata Akbar.

Akbar menyebut, untuk membangun bangsa, harus dilupakan latar belakang politik. Yang terpenting adalah kebersamaan untuk menyongsong masa depan.

Baca Juga:

Bambang Soesatyo, Mantan Wartawan dengan Karier Politik yang Moncer

"Dan kalau memang kekuatan yang kita miliki punya potensi untuk memberikan kontribusi buat kemajuan kita ke depan kenapa tidak," jelas mantan Ketua DPR ini.

Yang jelas, sosok pengontrol pemerintah diperlukan. "Mekanisme check and balance itu saya kira penting karena perlu dilakukan mekanisme penyeimbangan dan pengawasan check and balance lah itu penting," tutup ayah empat orang putri ini. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH