Akbar Tanjung: HMI untuk NKRI dan Kemajuan Islam

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 27 April 2017
Akbar Tanjung: HMI untuk NKRI dan Kemajuan Islam
Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tanjung mengatakan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) didirikan untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI dan kemajuan umat Islam. Demikian Akbar saat jadi pemateri dalam acara Intermediate Training (LK-2) Se-Nusantara di Pamekasan, Kamis (27/4).

"Dua tujuan awal ini yang mendasari berdirinya HMI pada 5 Februari 1947 di Yogyakarta," kata Akbar Tanjung.

Akbar menjelaskan, orientasi pemahaman kader-kader HMI harus mengacu kepada dua hal yang menjadi tujuan awal dibentuknya organisasi mahasiswa Islam tertua di Indonesia tersebut.

Dalam kesempatan itu, Akbar Tanjung juga memaparkan tentang proses persiapan proklamasi kemerdekaan hingga tercapainya kesepakatan memproklamasikan diri sebagai negara yang merdeka dalam bingkai NKRI.

"Founding father kita sangat menghargai perbedaan paham, agama dan etnis, dan ini yang menjadi kekuatan bangsa kita," kata mantan Ketua PB HMI ini.

Ada lima prinsip yang pokok-pokok pikiran yang harus dipedomani sebagai negara bangsa, yakni kebangsaan, kemanusiaan atau internasionalisme, persatuan, kesejahteraan dan ketuhanan.

"Kelima prinsip inilah yang kemudian menjadi dasar dan falsafah bangsa kita yang disebut Pancasila ini," terang Akbar.

Dengan demikian, sambung mantan Ketua PB HMI ini, kehadiran HMI sebenarnya dalam rangka mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI.

"Dan seharusnya ideologi yang terbangun adalah memiliki misi kebangsaan, yakni dalam rangka mempertahankan keutuhan NKRI dan menyebarkan syariat Islam," katanya.

Sumber: ANTARA

#Akbar Tanjung #Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan