Akbar Tandjung Persembahkan Rumah Kebudayaan di Solo

Ana AmaliaAna Amalia - Selasa, 15 Maret 2016
Akbar Tandjung Persembahkan Rumah Kebudayaan di Solo
Rumah Budaya Kratonan untuk tempat berkesenian di Solo, Jawa Tengah. (Foto koleksi tim Dokumentasi Rumah Budaya Kratonan)
MerahPutih Budaya - Mantan Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Akbar Tandjung, mewakafkan tanah beserta bangunan untuk tempat berkesenian di Solo. Bangunan ini dinamai Rumah Budaya Kratonan.
 
Bangunan etnik Jawa itu berada di atas lahan 1.700 meter2. Bangunan utama berupa joglo, dengan dilengkapi berbagai fasilitas berkesenian.
 
Pengelolaannya dilakukan di bawah kendali Yayasan Warna Warni Indonesia (WWI). Wahyu Indro Sasongko, Direktur Orogram Yayasan WWI, membenarkan, kepadamerahputih.com, melalui saluran aplikasi chat, Selasa (15/3), bahwa Rumah Budaya Kratonan didesikan Akbar Tandjung untuk kehidupan seni budaya di Solo.
 
Yayasan WWI sendiri didirikan oleh istri Akbar Tandjung, Krisnina Maharani Akbar Tandjung. Yayasan ini memfokuskan pada pengembangan budaya nusantara.
 
"Rumah Budaya Kratonan sebagai setitik sumbangsih memberdayakan budaya Jawa sebagai bagian kebudayaan nasional," tutur Krisnina saat peresmian rumah budaya ini.
 
Keberadaan Rumah Budaya Kratonan menambah deretan tempat aktivitas seni budaya di Solo Raya. Seperti diketahui, Solo telah memiliki Taman Budaya Jawa Tengah, Balai Soedjatmoko, dan Padepokan Lemah Putih. (fre)
 
#Solo #Rumah Budaya Kratonan #Akbar Tanjung
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan