Akademisi S3 Bisiki Jokowi Kunci Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: ANT

MerahPutih.com - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) wajib menjaga agar persatuan bangsa sebagai kunci keberhasilan dalam membangun Indonesia yang maju dalam segala hal. Saran itu disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Dr Marianus Kleden.

"Joko Widodo (Jokowi) bergerak dari konteks global menuju konteks nasional, di mana persatuan menjadi kunci keberhasilan membangun Indonesia yang maju dalam segala hal," kata Marianus Kleden, di Kupang, Senin, terkait Visi Indonesia 2024, dilansir Antara, Senin (22/7).

Baca Juga: Saat Penyampaian Visi Misi, Jokowi Tak Peduli Penegakan Hukum

Menurut Marianus, penekanan pada persatuan mengingatkan kembali seluruh anak bangsa ini akan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 sebagai basis bagi pergerakan Indonesia ke depan.

marianus kleden
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Dr Marianus Kleden. (ANT)

Marianus menjelaskan Jokowi telah memulainya dengan membangun infrastruktur yang menghubungkan berbagai daerah, dan berbagai sektor produksi. Namun, lanjut dia, logika yang dibangun Jokowi bahwa infrastruktur harus lebih dulu dibangun sebelum membangun SDM.

Baca Juga: Pengamat: Visi Misi Jokowi Tidak Jelas dan Normatif

Analoginya, kata dia, SDM yang bermutu harus dibangun sejak janin, bayi, usia dini dengan memperhatikan kesehatan ibu dan anak, hingga memperhatikan bakat-bakat istimewa yang perlu mendapat perhatian khusus dari lembaga-lembaga pengembangan bakat.

"Kesehatan ibu dan anak serta penanganan bakat khusus juga mengandaikan basis ekonomi minimum. Sang ayah perlu memberikan gizi yang diperlukan bagi ibu si jabang bayi dan membeli susu setelah anak lahir," tutup akademisi pemegang gelar doktor atau S3 itu. (*)

Baca Juga: Jokowi Jabarkan Visi dan Misi, Mendagri: Ini Harus Dipahami Seluruh ASN


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH