Ajarkan Menulis Sejak Dini dan Rasakan Manfaatnya pada Anak Menulis memberikan manfaat besar bagi anak-anak. (freepik/pch vector)

TAHUKAH kamu jika menulis menjadi suatu aktivitas penting dalam hidup. Terutama pada anak, menulis sangat bermanfaat. Menurut KBBI, menulis adalah aktivitas untuk mengungkapkan gagasan, opini, atau sebuah ide dalam sebuah rangkaian kalimat. Dalam sebuah rangkaian kalimat terdapat juga hasil pemikiran, pandangan, karangan cerita atau penggambaran seseorang tentang sesuatu.

Coretan tinta yang kemudian bisa berkembang menjadi pundi-pundi Rupiah. Siapa sih yang tidak mau? Hanya saja, menulis ternyata harus diakui sebagai keterampilan yang tidak bisa dikuasai dalam semalam. Meskipun begitu, untuk bisa menjadi penulis yang mahir ternyata tidak membutuhkan bakat dari lahir. Sebab menulis adalah keterampilan yang bisa dipelajari dan dikuasai oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Baca Juga:

Ayah Juga Bisa Maternal

anak
Dapat meningkatkan kecerdasan intelektual dan kinestetik. (freepik-rawpixelcom)

Manfaat menulis bagi anak sejak dini

Apabila aktivitas menulis sering anak lakukan maka akan terdapat beberapa manfaat. Terkadang kita sebagai orang tua menganggap itu hal yang biasa, tapi berikut ini beberapa manfaat dari aktivitas menulis yang kamu perlu ketahui.

Meningkatkan kecerdasan

Aktifitas menulis bagi anak bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan intelektual dan kinestetik. Ketika anak menulis maka dia tentu akan melakukan hal lain seperti mempelajari sesuatu yang baru. Lalu setelahnya anak tentunya akan berpikir secara sistematis dan terstruktur agar tulisannya dapat terselesaikan.

Selain kecerdasan, beberapa hal lainnya juga ikut meningkat seperti daya ingat, kreativitas, rasa percaya diri dan juga menulis tentunya akan membantu anak mengekspresikan apa yang ada di dalam pikirannya.

Menjadi media berkomunikasi

Manfaat menulis bagi anak yang kedua adalah sebagai media berkomunikasi dengan orang lain termasuk dengan orang tua. Ketika kamu membaca tulisan anak-anak, dari tulisan tersebut dapat mengetahui beberapa hal mulai dari apa yang mereka pikirkan, apa yang terjadi dalam hidup mereka, bahkan sampai beberapa hal yang mungkin sulit untuk mereka katakan.

Contoh, apabila ada seorang anak yang memiliki sifat pendiam, melalui tulisannya maka kamu dapat mengetahui apa saja yang telah terjadi dalam kesehariannya. Sering kali juga melalui melalui tulisan, ada beberapa hal yang kurang mereka sukai dalam hidup mereka dan belum bisa mereka sampaikan kepadamu.

Kemampuan berbahasa

Manfaat menulis bagi anak selanjutnya dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kegiatan menulis yang akan menambah wawasan anak dengan berbagai kosakata baru yang dia ketahui.

Jika pada awalnya anak hanya dapat menggunakan kosakata yang sederhana, dengan aktivitas menulis ini, anak akan mulai mengenal berbagai kosakata. Pada beberapa kosakata lainnya adalah seperti kosakata yang bersifat resmi, jarang terdengar atau banyak digunakan pada beberapa buku dan media informasi lainnya. Kosakata tersebut akan mereka lihat sebelum mereka menulis.

Baca Juga:

Reaksi Tak Sesuai Harapan, Mengapa Anak Lebih Percaya Temannya

anak
Dapat memberikan manfaat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan seseorang termasuk anak-anak. (Unsplash/Jason Sung)

Untuk kesehatan dan otak

Aktivitas menulis juga memiliki beberapa manfaat yang secara spesifik dapat meningkatkan kesehatan dan juga kemampuan otak. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut.

Lebih tenang

Manfaat menulis untuk kesehatan dan otak yang pertama adalah dapat membuat jiwa seseorang menjadi lebih tenang. Saat seseorang merasakan sesuatu, seperti sedih atau kecewa, maka dengan menuliskan apa yang dia rasakan akan membuat jiwa menjadi lebih tenang.

Hal ini akan lebih baik daripada mengumbar-umbar perasaan tersebut di sosial media. Selain itu juga kualitas tidur yang mungkin sebelumnya terganggu, bisa menjadi lebih baik dengan aktivitas ini. Jiwa yang lebih tenang ini juga tentunya tidak terlepas dari tingkat stres yang ikut menurun ketika melakukan aktivitas menulis.

Stres juga dapat dirasakan oleh anak-anak, contohnya adalah saat terbebani dengan aktivitas sekolah atau dengan lingkungan dengan teman-teman sepermainannya. Saat mereka merasakan hal tersebut, maka aktivitas menulis dapat mereka lakukan untuk melepaskan beban tersebut.

Tingkatkan imun

Sistem kekebalan tubuh sangat penting bagi kesehatan manusia karena akan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Melansir laman Intermountain Healthcare, seseorang yang memiliki kebiasaan menulis secara rutin dan ekspresif tentang apa yang dia rasakan, dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan mampu meningkatkan fungsi beberapa organ penting dalam tubuh seperti jantung dan paru-paru.

Seimbangkan fungsi otak

Menulis ternyata juga dapat memberikan manfaat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan seseorang termasuk anak-anak. Otak kiri memiliki fungsi yang lebih mengarah ke analisa dan perhitungan, sementara otak kanan memiliki fungsi yang lebih mengarah ke kreativitas dan imajinasi.

Banyak orang beranggapan bahwa menulis harus dimulai dengan berimajinasi, padahal belum tentu benar. Kamu dapat mulai untuk menulis dengan mengetahui beberapa hal dan menentukan tujuan menulis.

Mengapa menulis itu penting?

Menulis dapat memberikan berbagai manfaat untuk anak-anak. Beberapa manfaat menulis bagi anak adalah seperti dapat meningkatkan kecerdasan anak, dapat menjadi media berkomunikasi dan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak-anak.

Menulis juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan otak seseorang seperti dapat membuat jiwa menjadi lebih tenang dan meredakan stres termasuk pada anak-anak. Juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit, dan dapat menyeimbangkan otak kiri dan kanan.

Dalam menulis biarkan anak terlebih dahulu menentukan tujuan apa yang ingin diraih dalam tulisan yang akan dibuat. Apakah bertujuan untuk memberikan informasi, membujuk, mendidik, atau menghibur orang-orang yang membaca tulisan tersebut.(DGS)

Baca Juga:

Alodokter Berbagi Cara Hadapi Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak

Bahaya Shaken Baby Syndrome
Fun
Cara Jitu agar Jadi Super Parent
Fun
Bahaya Shaken Baby Syndrome
Fun
Cara Jitu agar Jadi Super Parent
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cara Mencegah Cedera Ketika Berkebun
Fun
Cara Mencegah Cedera Ketika Berkebun

Laporan cedera akibat berkebun meningkat.

Pengembang Pokemon Go Segera Rilis Jejaring Sosial Campfire
Fun
Pengembang Pokemon Go Segera Rilis Jejaring Sosial Campfire

Permudah pemain Pokemon Go mencari lokasi.

Tips Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Cepat Tanpa Rasa Lapar
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Cepat Tanpa Rasa Lapar

Cara tersebut yakni diet enak bahagia dan menyenangkan (DEBM).

4 Zodiak ini tak Mudah Percaya Kepada Orang
Fun
4 Zodiak ini tak Mudah Percaya Kepada Orang

Umumnya bergantung pada asli sifat mereka.

Kim Tae-ri Ditawari Perankan Jung Nyeon dalam Drama Adaptasi Webtoon
ShowBiz
Kim Tae-ri Ditawari Perankan Jung Nyeon dalam Drama Adaptasi Webtoon

Jung Nyeon terlahir dengan kemampuan menyanyi yang menakjubkan.

Beda Visi, Tim Burton Ungkap Kemungkinan ‘Putus’ dari Disney
ShowBiz
Beda Visi, Tim Burton Ungkap Kemungkinan ‘Putus’ dari Disney

Setidaknya sebagai sutradara untuk proyek Disney di masa depan.

Star Walkin, Lagu Lil Nas X untuk League of Legends World Championship 2022
Fun
Star Walkin, Lagu Lil Nas X untuk League of Legends World Championship 2022

Lil Nas X siap meramaikan League of Legends World Championship 2022.

Gim MotoGP 22 Segera Rilis
Fun
Gim MotoGP 22 Segera Rilis

Dirilis 21 April mendatang.

Warner Bros. Tunda Perilisan Sekuel 'Aquaman' dan 'Shazam'
ShowBiz
Warner Bros. Tunda Perilisan Sekuel 'Aquaman' dan 'Shazam'

Tanggal perilisan Aquaman and the Lost Kingdom dan Shazam!: Fury of the Gods mundur.

Akan Dipolisikan, Penuduh Nam Joo-hyuk Ubah Pengakuan
ShowBiz
Akan Dipolisikan, Penuduh Nam Joo-hyuk Ubah Pengakuan

Media mengubah artikel mereka sejak Management SOOP merilis pernyataan resmi.