Ajang Sail Nias 2019 Dikritik Agar Tak Sekedar Seremonial Belaka Pemandangan pantai di wllayah Nias saat senja (Antaranews.com)

MerahPutih.Com - Sail Nias 2019 sebentar akan digelar. Ajang promosi pariwisata di wilayah kepulauan itu diharapkan tidak sekadar seremonial belaka, apalagi menempatkan masyarakat Nias hanya sebagai penonton.

Pasalnya, Sail Nias merupakan rangkaian dari Sail Indonesia yang diharapkan memacu pertumbuhan ekonomi wisata Tanah Air.

"Pemerintah perlu melakukan evaluasi terhadap konsep sail yang selama ini dilakukan sebab nampaknya kurang terkoordinasi dengan baik, minim partisipasi dan dukungan swasta, terkesan hanya hanya menjadi kegiatan seremoni tanpa konsep yang jelas," kata Ketua Harian Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia, Moh Abdi Suhufan, di Jakarta, Kamis (14/3).

Ketua Harian Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia
Ketua Harian Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) Moh Abdi Suhufan. (Dokumentasi Pribadi)

Lebih lanjut Abdi menjelaskan, dulu Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan sail, tetapi setelah Dekin dibubarkan dinilai menjadi tidak jelas koordinasinya.

Seharusnya, ajang sekaliber Sail Nias tersebut dipegang langsung Kemenko Kemaritiman. Tujuannya untuk melakukan evaluasi dan reformulasi konsep sail sehingga tidak hanya terkesan menghamburkan uang negara tanpa manfaat bagi ekonomi lokal.

Peluncuran Sail Nias 2019
Launching Sail Nias 2019 oleh Pemprov Sumut (Humas Pemprov Sumut)

Terkait Sail Nias, Abdi menginginkan agar persiapannya mesti dievaluasi sudah sampai sejauh mana, pihak mana yang bertanggung jawab, serta perlu ada indikator kesuksesan penyelenggaraan di berbagai aspek.

Sebagaimana dilansir Antara, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim telah menunjuk Nias, Sumatra Utara, sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia 2019.

Sail Indonesia sendiri merupakan ajang tahunan wisata bahari yang telah diselenggarakan sejak 2009. Daerah terakhir yang menjadi tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia ini adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada September 2018, yaitu Sail Moyo Tambora. Kali ini, giliran Nias yang didapuk sebagai kandidat tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia 2019.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Ketua Umum The Jakmania Sambut Dingin Kick Off Pembangunan Stadion Persija



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH