Ajakan Debat Bahasa Inggris Dari Kubu Prabowo Jadi Bahan Tertawaan Megawati

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 20 September 2018
Ajakan Debat Bahasa Inggris Dari Kubu Prabowo Jadi Bahan Tertawaan Megawati
Megawati Soekarnoputri bersama kader PDIP (MP/Fadhli)

Merahputih.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ikut mengomentari wacana debat Pilpres berbahasa Inggris dari partai politik pendukung Prabowo Subianto. Menurutnya, tidak ada yang istimewa jika ada orang yang mahir berbahasa Inggris.

Justru, kata Megawati sangat mengkhawatirkan jika ada orang Indonesia yang tidak mengagumi bahasa Indonesia.

"Saya ketawa ada yang mengusulkan debat pakai bahasa inggris, ke mana bahasa kita. Apa kalau bisa bahasa inggris istimewa? Tidak," ujar Megawati di kantor DPP PDIP Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9).

Presiden ke-5 itu lantas menyinggung beberapa seniman tanah air yang tidak lupa daratan manakala telah mencapai puncak prestasi di dunia internasional semisal penyanyi Anggun.

"Kalau kita lihat penyanyi kita, Anggun, sudah masuk debut internasional, tapi dia masih njawani, tidak lupa dia orang Indonesia, tidak menjadi sombong. Masih tetap Indonesia, padahal masih tinggal di Perancis," tutur Mega.

Megawati Soekarnoputri
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri (MP/Yohanes Abimanyu)

Selanjutnya, Megawati menceritakan pengalamannya bertemu dengan maestro topeng yang hanya bisa berbahasa Indonesia tapi sudah melalang buana dunia. "Cirebon ada maestro topeng, dia bisanya bahasa Indonesia sama sunda Cirebon. Kan beda ya sama sunda bandung atau apa begitu, ada kekhasan, tapi kalau saya tanya, pernah dibawa ke luar negeri. Kenapa kita malu," ujarnya.

Dia pun berpesan kepada seluruh anak muda bangsa ini untuk mencintai dan membanggakan kebudayan bangsa sendiri sehingga tidak terombang-ambing oleh arus globalisasi. "Kenapa mau jadi imitasi orang lain, orang lain ada di luar negeri, anak muda saya bilang kamu boleh mau jadi Michael Jacksob, kamu boleh hip hop, tapi tetap mempertahankan jati diri, atau memang akan tenggelam dibawa orang asing," pungkasnya. (fdi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan