Ajak Masyarakat Hargai Perbedaan, Iwa K Rilis Single 'Beda' Iwa K (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

RAPPER senior Indonesia Iwa K menghargai perbedaan yang ada di Indonesia. Seperti banyaknya ragam suku, agama, dan Ras. Untuk itu, Iwa K hari ini, Senin (11/3) merilis single bertajuk Beda. Single ini memiliki tujuan untuk memberikan pesan positif. Terutama untuk menghargai perbedaan yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia.

Iwa K berkolaborasi dengan Manna Records. Perusahaan label records yang baru hadir di kancah musik Indonesia. Menurut Co Founder Manna Records, Bonna Palma, ia sengaja memilih Iwa K karena tema lagu tersebut perlu dinyanyikan oleh rapper berpengalaman.

"Tema yang mau kita angkat ini berat. Perlu rapper yang mumpuni untuk mengangkat tema itu," kata Bona saat temu pers di resto Baxter Smith, Jakarta Selatan. Bona juga berharap lagu ini memecah kebisingan yang ada mengenai masalah perbedaan.

1. Iwa K berduet dengan rapper muda Mario Zwinkle

Meskipun memiliki warna musik berbeda, Iwa K percaya dia dan Mario memiliki sinergi sama dalam bernyanyi (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Dalam lagu ini Iwa K enggak ngerap sendirian. Iya juga berduet dengan rapper muda bernama Mario Zwinkle. Sebenarnya Iwa K dan Mario memiliki warna musik berbeda walaupun sama-sama rapper.

Namun, kata Iwa K memang itulah yang dia cari. Sebuah perbedaan tapi dapat menyatu saat bekerjasama."Kenapa gua willing (sama Mario) karena kita punya persepsi yang sama. Taste musik beda tapi ada titik temunya saat bekerja sama," kata Iwa K.

Sementara bagi Mario sendiri, ini pertama kalinya ia dapat berkolaborasi dengan rapper sekelas Iwa K. Ia pun mengaku enggak bisa berkata saat pertama kali diajak Iwa K berduet. Karena dia memang sudah lama menjadi fans berat Iwa K. "Seneng bisa bekerjasama dengan Kang Iwa. Aku sempet nerveous pas dihubungin. Awalnya takut juga karena beban," kata Mario.

2. Melalui lagu ini Iwa K ingin berbagi kebahagiaan bukan merubah persepsi seseorang

Iwa K berharap lagu ini dapat memberikan pesan kepada pendengarnya (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Rapper berusia 48 tahun ini memang ingin mengajak masyarakat menghargai perbedaan setiap orang. Tapi bukan berarti ia mau merubah persepsi seseorang mengenai perbedaan secara muluk-muluk. "Kita enggak terobsesi merubah secara simsalabim," tuturnya.

Namun, ia percaya melalui lagu seseorang dapat mengambil pelajaran yang tersirat dalam lagu itu. Karena lagu memberikan pesan dari penyanyi atau penciptanya. Tetapi enggak bersifat menggurui. "Kita hanya berbagi di sini. Enggak merubah apapun. Syukur-syukur. Ada yang gabung di frekuensi Kita," tukasnya.

Lagu 'Beda' sudah dapat dinikmati di berbagai platform mendengarkan musik. Semisal YouTube, Deezer, dan Spotify. Yuk menghargai perbedaan sahabat Merah Putih! (ikh)

Baca juga: Nyanyi Rap, Adrian Khalif Terinspirasi Dengan Kanye West

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH