Ajak 3 Cawapres Makan Siang, Wapres Ma'ruf Amin Akui Bukan Perkara Gampang

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 31 Oktober 2023
Ajak 3 Cawapres Makan Siang, Wapres Ma'ruf Amin Akui Bukan Perkara Gampang
Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Festival Pelatihan Vokasi 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat (27/10/2023). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

MerahPutih.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengundang tiga bakal penerusnya kelak.

Gibran Rakabuming Raka, Muhaimin Iskandar, dan Mahfud MD bakal diundang untuk santap siang bersama dan berdiskusi. Khususnya tentang upaya mencegah timbulnya ketegangan dan konflik pada Pemilu 2024.

"Memang saya dijadwalkan bertemu dengan cawapres (calon wakil presiden), tapi kan kita lagi mengatur waktunya sebab ini kan pada keliling semua," kata Wapres Ma'ruf Amin di sela kegiatan meninjau Posyandu Dahlia di Jambi, Selasa (31/10).

Baca Juga:

Gagal Jadi Cawapres Prabowo, Erick Thohir Puji Kinerja Gibran Sukses Jadi Kepala Daerah

Wapres masih menunggu waktu saat ketiga bakal calon wakil presiden ada di Jakarta.

"Hari-hari ini kita lakukan lobi-lobi (penyesuaian waktu), kapan yang ketiga-tiganya ada di Jakarta. Itu ternyata bukan masalah gampang (mencari kesesuaian waktu). Yang satu di Jawa Tengah, satu ke Jawa Timur, satu ke Papua," ujarnya.

Dalam pertemuan nanti, Wapres Ma'ruf menyampaikan akan mengajak para bakal cawapres berdiskusi tentang upaya meredam konflik, sebab sikap para pendukung kontestan akan bergantung pada para pemimpin.

"Karena bagaimana pun kan di bawah itu bagaimana yang di atasnya, kontestan ini, baik partai pendukung, capres dan cawapres maupun tim pemenangan masing-masing. Nah, ini kalau bisa tensinya (turun). Suasana damai, dingin, pemilu kita tidak menimbulkan masalah," katanya.

Baca Juga:

PDIP Sebut Gibran Terlalu Dini jadi Cawapres, Prabowo: Rakyat yang Menilai

Mengenai kegiatan Presiden Jokowi menjamu para bakal capres dengan santap siang pada Senin (30/10), mantan Ketua MUI ini menilai, presiden sebagai kepala negara menghendaki kontestasi tidak terjadi pembelahan.

Presiden, menurut Ma'ruf Amin, ingin terus memberikan pengertian kepada kontestan agar berkompetisi secara adil, jujur, dan tidak membuat konflik.

"Juga menghindari hoaks. Dalam rangka sesuai koridor," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengadakan jamuan makan siang dengan tiga bakal calon presiden (capres) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin kemarin.

Pertemuan Jokowi dengan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto itu berlangsung dalam suasana santai tanpa membicarakan hal-hal yang berat. (Knu)

Baca Juga:

Ma'ruf Amin Ajak Makan Bareng 3 Cawapres Besok, Gibran: Saya Tidak Tahu

#Wapres Ma'ruf Amin #Pilpres 2024 #Pemilu 2024
Bagikan
Bagikan