Airlangga Hartarto Dinilai Sukses Jalankan Amanat Partai Golkar Ketua Umum Partai Golkar memberikan keterangan kepada wartawan di Solo (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Pertarungan perebutan Ketua Umum Partai Golkar masih berkutat pada duel sengit antara Airlangga Hartarto vs Bambang Soesatyo. Meski belakangan muncul beberapa calon, namun Airlangga dan Bamsoet yang paling dominan mengisi ruang perbincangan kader Golkar maupun khalayak ramai.

Dari kedua nama beken tersebut, menurut Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM DPP Partai Golkar Robi Anugrah Marpaung, figur Airlangga Hartarto termasuk ketua umum yang sukses menjalankan amanat partai yang tertuang dalam Panca Sukses Golkar.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Dinilai Berhasil Bangkitkan Partai Golkar

"Kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar saat ini telah sukses melaksanakan Panca Sukses, diantaranya telah sukses melakukan konsolidasi, reformasi dan transformasi Partai Golkar sebagai partai yang digandrungi kaum muda generasi milenial," kata Robi dihubungi di Jakarta, Minggu (28/7).

Airlangga Hartarto dan Agung Laksono
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum Kosgoro 1957 Agung Laksono. (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Robi mengatakan dalam kepemimpinannya Airlangga telah menunjuk pimpinan Lembaga Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) Partai Golkar dengan tokoh muda.

Hal ini, menurutnya, menunjukkan Airlangga sukses mengakselerasi kaderisasi dan pembinaan keanggotaan.

Selain itu, kata dia, Airlangga juga sukses menghilangkan stigma Partai Golkar sebagai partai yang selalu kalah dalam mengusung calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Hal ini terbukti bahwa Golkar telah sukses memenangkan Bapak Jokowi sebagai Presiden Indonesia untuk periode kedua," ujar Robi.

Dia menilai langkah sebagian kader Golkar yang mendorong percepatan Munas bertujuan untuk merebut kekuasaan Partai Golkar, guna dapat merekomendasikan susunan nama-nama menteri dan pimpinan MPR dan DPR ke depan.

Robi A Marpaung sebagaimana dilansir Antara menyesalkan bahwa upaya mendorong percepatan Munas dilakukan dengan menjelekkan kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang dalam hal ini dapat berpotensi menjatuhkan Partai Golkar di mata Partai Koalisi Pengusung Presiden dan Wakil Presiden terpilih, serta masyarakat.

Dia meminta kepada seluruh senior partai, beserta tim sukses calon ketua umum Golkar pada Munas mendatang, untuk saling menjaga kebesaran Partai Golkar dengan tidak lagi menjatuhkan ketua umum dengan pernyataan yang tidak beretika.

Baca Juga: Akbar Tanjung 'Kode' Dukung Bamsoet Jadi Calon Ketua Umum Golkar

Marpaung mengingatkan bahwa ketua umum adalah representasi Partai Golkar.

"Badan Advokasi Hukum dan Ham yang dibentuk untuk menjaga marwah Partai Golkar akan melakukan langkah-langkah advokasi hukum bagi siapa saja yang ingin menjatuhkan nama baik Ketua Umum dan Partai Golkar tidak terkecuali," ujarnya.

Robi Anugrah Marpaung mengimbau kepada semua kader di semua tingkatan agar berpolitik santun dan bijak, dengan berpikir dulu sebelum menyampaikan pandangan di ruang publik.(*)

Baca Juga: Bisa Pertahankan Elektabilitas Golkar, Upaya 'Kudeta' Airlangga Hartarto Dinilai Aneh



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH