Airlangga Ajukan 89 Proyek Rp1.422 T Jadi Prioritas Nasional Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Pemerintah merekomendasikan 89 proyek senilai Rp1.422 triliun untuk menjadi proyek strategis nasional (PSN) baru, karena dianggap memiliki daya ungkit terbesar untuk mendorong pemulihan ekonomi dari tekanan pandemi COVID-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan 89 proyek tersebut di antaranya merupakan lima proyek bandara, lima proyek kawasan industri, 13 proyek bendungan dan irigasi, satu proyek tanggul laut, dua proyek smelter, 1 proyek lahan pangan, lima proyek pelabuhan, enam proyek kereta api.

Baca Juga:

Jokowi tidak Mau Proyek Strategis Ratusan Triliun Mandek Gara-Gara COVID-19

Kemudian, 13 proyek kawasan perbatasan, 12 proyek energi, enam proyek air bersih, satu proyek pengelolaan sampah, dan tiga proyek pengembangan teknologi termasuk drone.

“Dari 245 proyek baru yang memenuhi kriteria sebanyak 89 proyek. Dengan demikian, 156 proyek belum direkomendasikan,” ujar Airlangga, usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Jakarta, Jumat (29/5).

proyek strategis
Proyek tol Trans Jawa (Foto: ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Dipilihnya rekomendasi 89 proyek baru ini karena dinilai dapat mendorong kegiatan ekonomi terutama sektor riil, dan memberi manfaat berlipat ganda terhadap pembukaan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat.

Dikutip Antara, kriteria proyek strategis ini adalah yang mempunyai peran terhadap perekonomian, kesejahteraan sosial dan berdampak positif pada lapangan kerja. Ke-89 proyek baru ini juga diharapkan memberikan keberlanjutan lingkungan hidup serta sejalan dengan aspek-aspek lain.

“Kemudian (kriterianya) proyek didistribusikan secara nasional, dan kemudian proyek juga mempunyai batas nilai investasi Rp500 miliar. Walaupun ada proyek di bawah itu yang dianggap strategis dan juga masuk di dalam PSN ini,” tutup menteri yang juga Ketum Golkar itu. (*)

Baca Juga:

Anak Buah Luhut Pastikan 500 TKA Asal Tiongkok Tiba di Indonesia Awal Juli


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH