Otomotif

AirCar V5 Sudah ada Sertifikat Terbangnya

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 21 Desember 2021
AirCar V5 Sudah ada Sertifikat Terbangnya
AirCar V5 prototipe mobil terbang yang terus melakukan uji coba. (Foto: Aviation Week)

MOBIL terbang bukan lagi khayalan. Ini sepertinya masa depan yang datang lebih cepat dari apa yang diperkirakan.

Mengutip dari Hypebeast, mobil terbang ini diberi nama Air Car V5, dibuat oleh perusahaan Slovakia Klein Vision. Mobil ini mempunyai sayap yang dapat dilipat yang dapat direntangkan kurang dari tiga menit dan dilengkapi baling-baling di bagian belakang. AirCar menggunakan bahan bakar bensin.

Baca Juga:

Perubahan Tren Industri Otomotif di Tahun 2022

Mobil ini ditenagai oleh mesin BMW berkekuatan 140 daya kuda yang menghasilkan tenaga 140 PS yang membuktikan bahwa teknologi tersebut dapat digunakan untuk mobil terbang. Yang paling penting adalah mobil ini dapat diubah menjadi pesawat yang berfungsi penuh. AirCar V5 adalah mobil dua kursi yang dapat membawa beban 200 kg setiap melakukan penerbangan.

Meskipun ini hanya model pra-produksi, pembuat AirCar mengatakan model saat ini mampu melaju dengan kecepatan sekitar 186 mph atau hampir 300 kpj. Jarak tempuh mobil ini mencapai 600 mil atau sekitar 1000 km dalam satu perjalanan.

Selain itu untuk melakukan penerbangan mobil juga sudah menerima sertifikat pesawat EASA CS 23 dengan izin jalan M1. Mobil ini dapat terbang hingga ketinggian 8.200 kaki (2500 meter). Memiliki kemampuan putaran 45 derajat ditambah dengan kemampuan manuver dan stabilitas yang cukup baik. Untuk keamanan mobil ini juga dilengkapi dengan parasut balistik yang disiapkan jika terjadi kesalahan maupun kejadian yang tidak terduga.

Baca Juga:

Apa Moda Transportasi Paling Aman untuk Liburan Akhir Tahun?

mobil
AirCar V5 yang menandakan masa depan sudah datang. (Foto: instagram@kleinvision_official)

“Dengan AirCar, kamu akan tiba di tempat tujuan tanpa perlu repot mendapatkan tumpangan ke bandara dan melewati keamanan komersial. Kamu dapat mengendarai AirCar ke lapangan golf, kantor, mal atau hotel dan memarkirnya di tempat parkir biasa,” kata Anton Zajac, salah satu pendiri, investor, dan pilot Klein Vision.

Mobil ini juga sudah melakukan penerbangan perdananya pada 28 juni 2021. Mobil ini lepas landar dari bandara Nitra dan mendarat di bandara Bratislava. AirCar V5 mengudara sekitar setengah jam yang kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju ibu kota di Slovakia. Sampai sekarang AirCar mencatat sudah lebih dari 40 jam terbang di bawah pengawasan badan yang berwenang. (jhn)

Baca Juga:

Hummer Ikut Tren Mobil Listrik di tahun 2022

#Teknologi #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan