Air Terjun Cihear Sajian Alam Menakjubkan di Banten Curug Cihear, Gunung Leuting, kawasan Gunung Halimun, antara Desa Cigobang dan desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak. (Foto: disbudpar.bantenprov.go.id)

MerahPutih Wisata - Air Terjun Cihear merupakan salah satu objek wisata alam favorit di Banten. Dalam bahasa lokal, air terjun memiki bahasa lain yaitu "curug". Masayarat setempat punya nama lain untuk menyebut air terjun berketinggian 25 meter ini, Curug Cihear.

Curug Cihear dengan lebar 6 meter ini masuk dalam kawasan Gunung Halimun Salak. Sehingga, bukan hanya sajian indah di curug, akses menuju lokasi sudah menjadi wisata alam tersendiri bagi para pelancong.

Air Terjun Cihear terletak di Gunung Leuting, kawasan Gunung Halimun, antara Desa Cigobang dan desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak. Air Terjun Cihear berdekatan dengan wisata ekstrem arung jeram Sungai Ciberang. Mengunjungi Air Terjun Cihear, sekaligus masuk dalam nuansa alami yang luas.

Alam pegunungan menjadi daya tarik wisata Air Terjun Cihear. Lagi-lagi, berada di dekat Air Terjun Cihear bukan satu-satunya, Anda bisa berpapasan dengan hewan-hewan liar seperti burung dan monyet yang tentu memberikan pengalaman indah. Panorama Gunung Halimun Salak akan senantiasa menemani perjalanan Anda ke lokasi.

Saat Anda mendekati lokasi Air Terjun Cihear, suara gemuruh air membuat Anda merasa kecil di keluasan alam. Air Terjun Cihear memiliki aliran yang sangat deras. Semakin Anda mendekat, sentuhan rintik-rintik air memberikan kesegaran bak mencuci rasa lelah Anda selama perjalanan. Air terjun utama dikelilingi air terjun kecil-kecil sehingga menambah keindahan. Tempat ini juga menjadi lokasi yang sangat indah untuk kegiatan fotografi.

Perjalanan menuju Air Terjun Cihear memang tidak sebentar. Surga tersembunyi jauh dalam hutan ini ditempuh dengan jarak kurang lebih 5 kilometer dari kawasan berpenduduk terdekat, Kampung Muhara, atau sekira 3 jam perjalanan. Namun, ada jalur lain yang lebih pendek yaitu dari Desa Cigobang dengan jarak kurang lebih 1,5 kilometer dengan waktu tempuh sekira 1 jam perjalanan.

Dari ibu kota kabupaten, Rangkasbitung, waktu tempuh ke pemukiman terdekat kurang lebih 2,5 jam perjalanan. Dari Rangkasbitu, Anda bisa mengambil jalur ke Sajira, Cipanas, lalu ke Kampung Muhara dengan dilanjutkan dengan pendakian yang. Air Terjun Cihara tempat Anda yang ingin lebih dekat dengan alam, dan tentu saja yang memiliki jiwa petualangan.


BACA JUGA:

  1. Pesona Keindahan 3 Air Terjun di Curug Cikaso
  2. Air Terjun Kedung Pedut, Nikmatnya Sensasi Mandi di Antara Tebing Kapur
  3. Terpesona Keindahan Air Terjun Sidoharjo Setinggi 75 Meter
  4. Waktu yang Tepat Mengunjungi Air Terjun
  5. Jejak Gajah Mada Dibalik Eksotisme Air Terjun Madakaripura


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH