Air Ship Pro, Sepatu Legendaris Michael Jordan yang Kembali Dirilis Jordan dilarang menggunakan sepatu ini kala itu. (Foto: Hypebeast)

SETELAH kurang lebih 36 tahun, sepatu legendaris milik Michael Jordan akan dirilis kembali untuk pertama kalinya. Ya, sepatu itu adalah Air Ship Pro yang dibalut warna hitam dan merah.

Sepatu ini dirilis kembali oleh pengecer asal Italia, Back Door Bottega pada Agustus 2020. Selain membuat pencinta sepatu Jordan tergoda, Back-Door Bottega juga menciptakan halaman khusus yang menampilkan seberapa pentingnya model Air Ship Pro.

Baca juga:

Sotheby Lelang Sneakers Kali Pertama Ditandatangani Michael Jordan

Mengutip laman Hypebeast, Back Door Bottega mengunggah foto Air Ship Pro pada 1 Agustus 2020 di akun Instagram resminya. Dalam keterangannya, mereka sangat senang untuk merilis kembali sepatu legendaris dengan warna 'Bred' klasik Nike.

“25 Februari 1985 - 7 Agustus 2020. Waktunya telah tiba. Setelah 36 tahun, Backdoor dengan bangga merilis sepatu yang pernah dipakai Michael Jordan di pertandingan pertamanya bersama Chicago Bulls. Terima kasih kepada Jordan Brand,” tulis keterangan Back Door.

Nike Air Ship Pro pernah dipakai oleh Michael Jordan pada awal musim 1984 sampai 1985, sebelum ia memakai Air Jordan 1.

Mengutip laman Complex, Jordan pernah dilarang mengenakan sepatu tersebut karena coraknya yang tidak sesuai kebijakan NBA kala itu.

Alhasil, Jordan dikenakan denda sebesar USD 5.000 atau sekitar Rp73 juta untuk setiap kali ia memakai sepatu tersebut.

Baca juga:

Nike Lebron 17 Terinspirasi Grafiti di New York

Nike Air Ship Pro seperti dibuat dengan 'terburu-buru' oleh tim Nike saat itu. Nike menyatukan bagian atas dari Nike Air Ship Pro dengan bagian midsole dan outsole dari sepatu tenis Nike Pro Circuit. Unit solnya pun diubah karena dianggap terlalu tinggi dan berat untuk dipakai Jordan saat berada di lapangan.

Air Ship Pro, Sepatu Legendaris Michael Jordan yang Kembali Dirilis
Dibalut dengan warna hitam dan merah. (Foto: Hypebeast)

Air Ship Pro yang akan dirilis Back Door merupakan sebuah kejutan. Sebab, tidak biasanya peluncuran sepatu dengan nilai historis seperti Air Ship Pro diumumkan oleh label lain selain Jordan Brand.

“Hal yang bisa saya katakan sebagai seorang kolektor dan penggemar berat Michael Jordan adalah saya benar-benar bangga dan bersemangat atas merek Jordan untuk memberi saya dan toko saya karya ini secara eksklusif,” kata Marco Evagelisti, pendiri Back Door Bottega.

Air Ship Pro, Sepatu Legendaris Michael Jordan yang Kembali Dirilis
Dipakai Jordan saat pertama kali bergabung dengan Chicago Bulls. (Foto: Hypebeast)

Back Door Bottega mengonfirmasi bahwa untuk berpartisipasi dalam undian, penggemar perlu menemukan salah satu dari 150 stiker yang di landmark ikonik Bologna, Italia. Setelah itu memindai kode QR untuk bisa ikut undian mulai 1 Agustus hingga 6 Agustuus 2020. (and)

Baca juga:

Fantastis, Sepatu Air Jordan 1s Bekas Michael Jordan Laku Dilelang Rp 8,3 Miliar!


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH