Kesehatan

Air Purifier, Kawan Halau Polusi Udara

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 04 September 2023
Air Purifier, Kawan Halau Polusi Udara
Air purifier batu rumah bebas polusi.(foto: Xiaomi)

SELAMA pandemi, produk air purifier menjadi salah satu alat rumah tangga nan essensial. Tempo Bisnis melansir penjualan alat penjernih udara tersebut meningkat hingga empat kali lipat di 2020. Tiga tahun berselang, meski pandemi telah reda, penjualan air purifier tetap tinggi.

Polusi udara Kota Jakarta yang memburuk menjadi pemicu kenaikan penjualan air purifier. General Manager IAQ Solutions Division of PT Panasonic Gobel Indonesia Rawenda, dikutip Kumparan Bisnis, menyebut penjualan air purifier meningkat dua kali lipat sejak setahun terakhir.

BACA JUGA:

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Air Purifier

Air Purifier merupakan alat elektronik yang berfungsi membersihkan udara dalam ruangan. Secara sederhana, cara kerja dari air purifier kurang lebih akan mengisap udara yang ada di dalam ruangan, seperti berbagai polutan udara, partikel yang tidak terlihat, atau alergen yang ada dalam udara tersebut. Semua akan disaring dan dieliminasi kemudian udara yang sudah bersih kembali akan dikeluarkan ke ruangan sekitar kamu.

air purifier
Penjualan air purifier meningkat sejak masa pandemi.(foto: pexels-nn hung-chanel)

Selain dapat mengganti kualitas udara yang buruk, seperti dilansir Early Bird, air purifier juga bermanfaat untuk kehidupan kamu sehari-hari. Pertama, air purifier dipercaya dapat meredakan penyakit asma. Pengidap penyakit asma memiliki saluran bronkial yang meradang. Polutan seperti bulu dan bulu hewan, serbuk, atau tungau debu dapat mengiritasi saluran udara, sehingga menyebabkan pengidap menjadi kesulitan bernapas.

BACA JUGA:

Udara Bersih dan Bebas Suara dengan Air Purifier

Kedua, penjernih udara menghilangkan bahan kimia berbahaya dari lingkungan dalam ruangan. Menutup pintu dan jendela dari dalam bukan berarti akan mematikan polutan eksternal seperti karbon dioksida dan karbon monoksida. Gas-gas seperti itu biasanya ditemukan di jalan raya dan dapat masuk ke rumah. Air purifier yang dilengkapi karbon aktif dipercaya mampu membersihkan kontaminan kimiawi tersebut.

air purifier
Air Purifier dapat mengisap zat-zat buruk yang akan diubah menjadi udara sehat. (foto: pexels, oleksandr)

Ketiga, alat ini mampu menetralkan bau tidak sedap. Bahan kimia seperti bensin terurai pada suhu ruangan yang menyebabkan bau tidak sedap. Air purifier dipercaya mampu untuk menyaring zat-zat berbau yang tidak baik untuk kesehatan dan mengembalikan udara yang baik untuk kita.(zvw)

BACA JUGA:

Air Purifier, Humidifier dan Diffuser, Apa Sih Bedanya?

#Kesehatan #Sebangsa Seudara #September Sebangsa Seudara
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan