Air Mata Khofifah dan Doa Emil untuk Almarhum Indar Parawansa, Mengharukan

Thomas KukuhThomas Kukuh - Kamis, 28 Juni 2018
Air Mata Khofifah dan Doa Emil untuk Almarhum Indar Parawansa, Mengharukan
Pasangan Cagub dan Cawagub Jatim Khofifah Indah Parawansa dan Emil Dardak. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Salah satu pilkada serentak 2018 yang berlangsung seru adalah pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei ternama, pasangan Khofifah Indar Parawansa–Emil Dardak unggul dari sang lawan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. Hasilnya cukup jauh.

Khofifah-Emil meraih 52,28 persen sedangkan Saifullah Yusuf-Puti 47,72 persen. Suasana kemenangan pun terasa di kediaman Khofifah kawasan Jemursari, Surabaya. Tim sukses dan relawan terus mengalir berdatangan. Tujuannya memberi ucapan selamat.

Menjelang malam, Emil datang dari Trenggalek. Pasangan ini pun langsung menggelar syukuran dan deklarasi pemenangan.

Dalam kesempatan itu, Khofifah menyebutkan bahwa hasil hitung yang menempatkannya sebagai pemenang pilgub merupakan bagian dari proses panjang. ”Kami mensyukuri karunia ini," katanya seperti dilansir Jpnn. ”Kami bukan siapa-siapa tanpa dukungan semua. Partai, kiai, santri, para tokoh,” imbuh mantan Menteri Sosial ini.

Khofifah
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa (tengah) menunjukkan jari satu (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Khofifah sempat terlihat menangis meneteskan air mata ketika menceritakan bagaimana perjuangan para relawan membantu proses kampanyenya. ”Ketika saya kampanye di pasar pagi, mereka sudah siap-siap di sana sejak subuh. Saya juga tahu mereka belum tentu punya motor. Tapi, saya melihat semangat luar biasa dari mereka,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Khofifah juga menyampaikan salam hormat kepada lawannya Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Menurutnya, saat pilkada berlangsung, pasangan cagub-cawagub memiliki miqat sendiri-sendiri. ”Setelah ini semua adalah kemenangan bagi masyarakat Jatim,” tuturnya.

Emil Dardak
Emil Elestianto Dardak (kiri) didampingi istri, Arumi Bachsin, menunjukkan bekas tinta pada ujung jari kelingking tanda telah menyalurkan hak pilih (mencoblos) di TPS 05 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Emil Dardak juga berterima kasih dan mendoakan semua elemen yang membantunya. Suasana haru terasa ketika Bupati Trenggalek itu menyampaikan doa untuk almarhum Indar Parawansa, suami Khofifah. ”Semoga beliau bisa tersenyum atas perkembangan hari ini,” ucapnya.

Sementara itu suasana berbeda terasa di kediaman Gus Ipul di kompleks The Gayungsari Regency, Surabaya. Sejak siang, pintu depan rumah Gus Ipul tertutup. Namun, sejumlah tokoh mendatangi kediaman mantan ketua umum GP Ansor itu. Misalnya Puti Guntur Soekarno, Wasekjen PDIP Ahmad Basarah, Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, dan tokoh senior PDIP Eros Djarot.

Sekitar pukul 16.00 Gus Ipul dan Puti keluar menemui wartawan yang menunggu sejak siang. Pada dasarnya, dia dan Puti mengapresiasi masyarakat Jatim yang sudah menggunakan hak pilih. Gus Ipul dan tim sudah mencermati hasil hitung cepat yang dirilis sejumlah lembaga survei melalui media massa.

”Kami menghargai dan menghormati hasil quick count tersebut sebagai suatu proses yang memang menyertai pilkada maupun pemilihan-pemilihan langsung di Indonesia,” tuturnya. (*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan