Air dari Jawa Barat Buat IKN Dari Masjid Agung sampai Dikeramatkan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 13 Maret 2022
 Air dari Jawa Barat Buat IKN Dari Masjid Agung sampai Dikeramatkan
Tanah dan air dari Jawa Barat buat IKN. (Foto: Humas Jawa Barat)

MerahPutih.com - Sebagai simbol dukungan terhadap pembangunan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Pemprov Jawa Barat mengumpulkan tanah dan air dari 27 kabupaten/kota. Tanah dan air tersebut kemudian akan dijadikan bagian dari pembangunan IKN.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, akan membawa tanah dan air ini ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dan diserahkan secara simbolis kepada Presiden RI Joko Widodo. Ia diundang ke calon lokasi baru IKN bersama seluruh gubernur lain di Indonesia.

Baca Juga:

Kemah Presiden dan Simbolisasi Nusantara di IKN

"Alhamdulillah dalam waktu singkat 27 kota/kabupaten yang ada di Jawa barat dengan gerak cepat dan dengan semangat yang sangat baik sudah berhasil mengirimkan air dan tanah. Tentu dipilih menurut kearifan lokal," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Sabtu (13/2).

Gubernur mengapresiasi langkah cepat para tokoh di kabupaten/kota yang berhasil mengumpulkan tanah dan air dalam waktu singkat. Sebab tanah dan air yang dibawa ini bukan sembarangan dan mengandung sejarah dan kaya makna.

"Sumbernya bermacam-macam. Ada yang dari air Masjid Agung, ada yang dari air gunung. Ada yang dari air keramatkan dan lain sebagainya," sebut Gubernur.

Acara bertemakan "Tanah dan Air dari Jawa Barat untuk IKN" diselenggarakan dengan sangat sederhana dimaksudkan sebagai simbol dukungan dari seluruh warga Jawa Barat.

"Prosesi juga dibuat sederhana, semata-mata simbol ketawaduan, simbol keserdahanaan Jawa Barat yang tentu mendoakan lahir batin agar perjalanan bangsa ini Allah berkahi, Allah lindungi," ujar Ridwan Kamil.

Hadir di tengah-tengah acara Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat KH. Rahmat Syafei. Dalam hal ini Rahmat Syafei memberikan pandangannya bahwa acara ini adalah ketulusan, tanggung jawab, dan dukungan rakyat Jawa Barat.

"Mudah mudahan dengan doa dan simbolik itu merasakan rakyat Jawa Barat. Ikut tanggung jawab atas persatuan dan pembangunan NKRI,"

Rahmat menyebutkan, acara ini untuk meluruskan niat dari dukungan semua elemen rakyat Jawa Barat.

"Jadi saya berdoa dan meluruskan niat. Kita semua khususnya Gubernur, adalah simbol untuk mendukung sepenuhnya tentang IKN itu," pungkasnya.

Pengumpulan tanah dan air dari Jawa Barat untuk IKN. (Foto: Humas Pemprov Jawa Barat)
Pengumpulan tanah dan air dari Jawa Barat untuk IKN. (Foto: Humas Pemprov Jawa Barat)

Tak hanya Ketua MUI Jabar, budayawan Sunda Aat Soeratin turut memberikan statement mengenai acara ini.

Menurutnya, Jawa barat membawa oleh-oleh, yang sangat filosofis yaitu tanah dan air, yang diambil dari 27 kab/ kota. Kemudian dipersatukan dengan tanah di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menurutnya, aksi di Jabar bagian dari proses menyalurkan energi untuk ibu kota baru, dan menjadi tanah harapan.

"Mudah-mudahan ibu kota baru itu menjadi ibu kota harapan, mudah-mudahan menjadi Indonesia yang jauh lebih baik," katanya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

DPD RI Tuntut Kepala Otorita IKN Sikapi Dugaan Bagi-Bagi Kaveling

#IKN Nusantara #UU IKN #Ibu Kota #Pemindahan Ibu Kota
Bagikan
Bagikan