AHY Tunjuk Sekjen Baru Partai Demokrat, Putri Wapres Ma'ruf Jadi Wasekjen Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Merahputih.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menunjuk Teuku Riefky Harsya sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat periode 2015-2020 menggantikan Hinca Panjaitan.

“Bapak-Ibu sekalian, Sekjen Partai Demokrat masa bakti 2020-2025 adalah saudara Teuku Riefky Harsya," ujar AHY dalam akun instagram pribadinya @agusyudhoyono, (15/4).

Baca Juga

TKI Hingga ABK Tak Kembali, Demokrat: Entah Berapa Lama Mereka Bisa Bertahan

Sebelum 'naik kelas', Riefky merupakan Wakil Sekjen selama kepengurusan Partai Demokrat periode 2015-2020. Dalam mengemban tugas barunya, Riefky akan dibantu oleh 10 orang Wakil Sekjen hingga 2025. Satu yang menarik terselip nama Siti Nur Azizah yang juga putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebagai wasekjen.

Putri Wapres itu saat ini mencoba maju sebagai calon Wali Kota Tangerang Selatan. Dia masuk jajaran Wasekjen Demokrat bersama Andi Timo Pangeran, Puta Supadma, Renanda Bachtar, Ingrid Kansil, Muhammad Rifai Darus, Jansen Sitindaon, Imelda Sari, Irwan, dan Agust Jovan Latuconsina.

View this post on Instagram

Assalamualaikum Wr Wb. Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua. Yang saya hormati masyarakat Indonesia, khususnya para kader Demokrat di mana pun berada, Sesuai amanat Kongres Partai Demokrat V tahun 2020, maka melalui video ini saya mengumumkan secara resmi Struktur Kepengurusan @pdemokrat periode 2020-2025. Struktur Kepengurusan ini merupakan hasil dari rapat-rapat virtual dengan Tim Formatur yang diamanahkan Kongres. Saya mendengar, menyimak dan mencatat masukan-masukan dari mereka sambil melakukan komunikasi intensif dengan Ketua Majelis Tinggi Partai, Bapak SBY. Sehingga pada 14 April 2020, saya telah rampungkan secara final, dan alhamdulillah langsung disetujui oleh seluruh Tim Formatur. Tantangan Partai Demokrat ke depan tidaklah ringan. Untuk itu, tema kita 5 tahun ke depan adalah; “HARAPAN RAKYAT, PERJUANGAN DEMOKRAT”. Struktur organisasi DPP yang dibentuk mengacu pada prinsip profesional, efektif, efisien dan modern dalam menghadapi tantangan tugas itu. Secara garis besar, Kepengurusan di Pusat akan terdiri dari 2 bagian. Pertama, Majelis Tinggi Partai beserta Dewan Pertimbangan Partai, Dewan Kehormatan Partai dan Mahkamah Partai; Kedua, Dewan Pimpinan Pusat atau DPP. Sedangkan struktur DPP secara garis besar meliputi: Pengurus Harian dan Pengurus Pleno. Pengurus Harian berjumlah 100 orang terdiri dari: Eselon Pimpinan, Eselon Pembantu Pimpinan dan Eselon Pelaksana. Sedangkan Pengurus Pleno berjumlah 200 orang, yakni 100 orang Pengurus Harian ditambah 100 orang lainnya. Rata-rata usia pengurus pleno adalah 42 tahun, dengan rentang usia termuda 22 tahun dan usia tertua 60 tahun. Saya juga merekrut beberapa kader muda yang potensial, dari berbagai lulusan universitas terbaik. Dalam perjalanannya, kepengurusan ini akan saya evaluasi selama 1 tahun ke depan. Serta dalam 5 tahun mendatang, mungkin saja dilakukan semacam penyegaran kepengurusan, untuk lebih baiknya jalan organisasi. Akhirnya, saya mengucapkan ‘Selamat Bertugas’ kepada seluruh Pengurus DPP Partai Demokrat periode 2020-2025. Mari kita wujudkan harapan rakyat. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr Wb. Agus Harimurti Yudhoyono (Ketua Umum Partai Demokrat)

A post shared by Agus Yudhoyono (AHY) (@agusyudhoyono) on

AHY mengatakan Riefky dulu merupakan Wakil Komandan Satuan Tugas Bersama (Wakogasma) Partai Demokrat tahun 2018-2019. Saat itu, AHY sendiri menjadi Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

"Dia adalah kader lama Partai Demokrat yang mulai meniti karir dari bawah sejak 2011," kata AHY lagi.

Baca Juga

Demokrat Minta Jokowi Tanggung Biaya Kepulangan WNI Jemaah Tabligh di Luar Negeri

Riefky memulai karir politiknya sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Jakarta Pusat.

Sekarang Riefky menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI. Ia sudah terpilih menjadi anggota DPR RI sebanyak empat periode terhitung dari 2005 sampai sekarang. (Pon)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH