AHY tidak Masuk Kabinet, Puan Bungkam Tuduhan Andi Arief: Jangan Bikin Riak! Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww/Dok)

MerahPutih.com - Puan Maharani menepis tudingan Wakil Sekjen Demokrat Andi Arief yang menyebut penyebab Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak masuk daftar menteri Kabinet Indonesia Maju karena dendam lama ibunya Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Ini (kabinet hak) prerogratif presiden," kata Puan, saat dikonfirmasi wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/10).

Baca Juga:

AHY Diangkat Jadi Bos Demokrat, Isi Posisi Waketum

Ketua DPR itu menekankan proses Presiden Jokowi dan timnya mencari nama calon menteri sampai dilantik sudah melalui proses yang panjang dan pertimbangan matang. "Kan sampai terjadi pelantikan kabinet yang lalu itu kan sudah dalam proses yang panjang," imbuh politikus PDIP itu.

Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan pernyataan pers di Kompleks Parlemen, Jakarta beberapa waktu lalu. (Imam B)
Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan pernyataan pers di Kompleks Parlemen, Jakarta beberapa waktu lalu. (Foto: Antara/Imam B)

Puan juga meminta pihak yang menyebar isu penjegalan AHY jadi menteri untuk introspeksi diri. Apalagi, lanjut dia, hubungan ibunya Megawati dengan Ketum Demokrat itu dalam beberapa kesempatan selalu terlihat akrab.

"Kenapa? Saya sering ketemu (SBY), ibu (Mega) juga ketemu (SBY). Kemarin pelantikan juga bareng-bareng," tutur perempuan pertama yang memimpin parlemen itu.

"Saya rasa jangan sampai menimbulkan riak-riak yang kemudian membuat ada yang sepertinya disalahkan atau menyalahkan," imbuh petinggi PDIP itu.

Baca Juga:

Demokrat Gagal Masuk Kabinet, PDIP Pastikan Hubungan Megawati-SBY Baik

Sebelumnya, Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief merasa dalam penolakan AHY masuk kabinet ada peran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Keresahan itu diungkapkan dalam unggahan melalui media sosial twitter.

Menurut Andi Arief, dendam lama antar SBY dan Megawati dianggap sebagai pemicu. Alhasil wakil ketua umum Partai Demokrat itu dicoret dari daftar calon menteri.

andi arief demokrat
Politisi Demokrat Andi Arief. (Foto: ANTARA)

"Awalnya saya menduga bahwa dendam Ibu Megawati hanya pada Pak @SBYudhoyono, ternyata turun juga ke anaknya @AgusYudhoyono. Tadinya saya melihat Pak Jokowi mampu meredakan ketegangan dan dendam ini, rupanya belum mampu," kata Andi, dikutip Sabtu pekan lalu.

Bagi Andi Arief, penolakan Partai Demokrat masuk ke dalam koalisi juga menandakan bahwa AHY memang ditolak. Meski begitu, partai besutan SBY ini tetap menghargai hak prerogatif Presiden Jokowi dalam menentukan orang terbaiknya menjalankan pemerintahan. (Pon)

Baca Juga:

Temui Jokowi, SBY Minta Kepastian Terkait Jatah Menteri?

Kredit : ponco


Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH