AHY Sebut Gaya Kepemimpinan Ahok Bikin Bawahannya Ketakutan

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 27 Januari 2017
AHY Sebut Gaya Kepemimpinan Ahok Bikin Bawahannya Ketakutan
Agus Harimurti Yudhoyono (Foto Twitter)

Dalam debat kedua Pilkada DKI Jakarta 2017, calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu Agus Harimurti Yudhoyono melontarkan kritik gaya kepemimpinan calon petahana gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan dua, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Gaya kepemimpinan Ahok yang meledak-ledak dinilai Agus membuat birokrat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta takut.

"Saya menduga birokrasi yang dibangun selama ini penuh dengan rasa takut, diancam kamu dicopot, dimutasi, dipindahkan, dipenjarakan, dipamerkan ke depan publik, harga dirinya dihancurkan, padahal punya saudara, teman, kerabat, tidak dipedulikan itu semua karena alasannya ingin meningkatkan kerja birokrat," kata Agus membuka debat Pilkada DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (27/1) malam.

Akibatnya, birokrat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta tidak berani melaporkan kejadian di wilayahnya yang sesungguhnya dan hanya melaporkan hal-hal yang baik.

“Kalau anak buah kita, birokrat di bawah kita serba takut, dia akan sangat mudah memberikan laporan ABS, asal bapak suka. Yang masih rusak, kotor, enggak dilaporkan karena takut,” kata Agus.

"Menurut saya ini ada kaitannya, bahwa kepemimpinan dan manajemen yang selalu dilakukan dengan cara-cara tidak hanya inklusif tetapi juga depresif akan mematikan kredibilitas birokrat bawah kita serba takut," ujarnya.

Menanggapi pernyataan Agus, Ahok, yang tampil khas mengenakan kemeja kotak-kotak, terlihat santai dan hanya tersenyum.

Debat kedua ini mengangkat tema "Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik dan Penataan Tata Ruang Kota" yang dipandu oleh dua moderator, Tina Talisa dan Eko Prasojo. (Abi)

#Pilkada Dki #Agus Harimurti Yudhoyono #Basuki Tjahaja Purnama
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan