AHY Mengaku Sudah Ingatkan Pemerintah dengan Berbagai Cara Tangani COVID-19

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 13 Agustus 2021
AHY Mengaku Sudah Ingatkan Pemerintah dengan Berbagai Cara Tangani COVID-19
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5). Foto: MP/Asropih

Merahputih.com - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku sudah memberikan masukan hingga rekomendasi kepada pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Serta saran serta mengingatkan pemerintah dengan berbagai cara," kata AHY dalam siaran persnya, Jumat (13/8).

Baca Juga

AHY Bertemu Anies di Balai Kota, Bahas Pilpres 2024?

AHY juga melihat bahwa selama 17 bulan pandemi ini berlangsung, belum ada tanda-tanda mereda dan perekonomian masih terpuruk. AHY juga mengklaim pengangguran serta kemiskinan meningkat.

Meski begitu, Partai Demokrat menyambut baik tren penurunan kasus harian COVID-19 selama beberapa hari ini tapi menyoroti turunnya angka tes dan lacak (testing dan tracing). Ia menyebut angkanya jauh di bawah target 300 ribu tes dan lacak per hari yang dicanangkan pemerintah.

AHY dan Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta. Foto: Twitter/@RAMujiyono

Partai Demokrat juga mempertanyakan dihilangkannya tingkat kematian sebagai salah satu indikator untuk mengukur efektivitas penanganan pandemi.

Ketidakselarasan pendataan yang menjadi alasan pemerintah untuk menghilangkan indikator ini, harusnya mendorong perbaikan pendataan, bukan menghapus indikator.

Baca Juga

Usai Bertemu AHY. Anies: Demokrat Baru Saja Melewati Ujian yang Tidak Sederhana

Namun, AHY menegaskan Demokrat akan membantu mengatasi masalah pandemi dan krisis ekonomi, bukan hanya mengkritik.

"Partai Demokrat sejak awal berpandangan pandemi COVID-19 dan krisis ekonomi yang menyertainya adalah masalah yang juga kita harus bantu atasi, bukan hanya kita kritik, meski kita berada di luar pemerintahan," tegas Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute ini. (Knu)

#Agus Harimurti Yudhoyono #Partai Demokrat #COVID-19 #Kasus Covid #Test Covid 19 #Harga Vaksin COVID-19
Bagikan
Bagikan