AHY Berpeluang Kuat Tambah Suara Anies Ketimbang Khofifah

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 26 Mei 2023
AHY Berpeluang Kuat Tambah Suara Anies Ketimbang Khofifah
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberi keterangan kepada media selepas pertemuan antara petinggi PKB dan Partai Demokrat di Cikeas, Bogor, Rabu (3/5/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawa

MerahPutih.com - Koalisi Perubahan disebut sudah mengusulkan tiga nama calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Khofifah Indar Parawansa, dan Ahmad Heryawan (Aher).

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga menilai, Ketua Umum Partai Demokrat AHY sosok paling layak untuk menjadi cawapres Anies.

Baca Juga

Polda Metro Jaya Usut Konten Hoaks Panglima TNI Dukung Anies di Pilpres

“Kalau dilihat elektabilitas tiga kandidat itu, tampaknya AHY lebih berpeluang menjadi cawapresnya Anies. Hal itu setidaknya bila dilihat dari elektabilitas tiga kandidat itu yang dirilis dua lembaga survei,” kata Jamiluddin dalam keterangannya, Jumat (26/5).

Jamiluddin membeberkan hasil survei Indikator Politik Indonesia memperlihatkan, hanya ada nama AHY dan Khofifah. Hanya saja elektabilitas AHY lebih tinggi (7,5 persen) daripada Khofifah (5,7 persen).

Baca Juga

Anies soal Hasil Survei Litbang Kompas: Perjalanan Masih Panjang

Sementara hasil survei Litbang Kompas, hanya memunculkan nama AHY dengan elektabilitas 4,1 persen. Nama Khofifah dan Aher justru tidak muncul.

“Jadi, dilihat dari elektabilitas tiga kandidat itu, seharusnya AHY yang paling layak menjadi cawapresnya Anies, AHY akan berkontribusi menambah pundi-pundi suara untuk membantu Anies memenangkan Pilpres,” ujarnya.

Sementara untuk Khofifah meskipun bisa menambah suara namun kontribusinya akan lebih kecil bila dibandingkan dengan AHY. Karena itu, menurut dia, peluang Khofifah mendampingi Anies tentu jauh lebih kecil.

“Khusus Aher, peluangnya mendampingi Anies tampaknya lebih tertutup. Sebab, elektabilitasnya sama sekali belum muncul,” pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Jadi Penentu Kemenangan, Airlangga Hartarto Paling Sulit Dipasangkan dengan Anies

#Agus Harimurti Yudhoyono #Anies Baswedan #Khofifah Indar Parawansa #Ahmad Heryawan #Capres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan