AHY Bakal Jadi Kandidat Tunggal Caketum, Demokrat Serahkan ke Kongres Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Merahputih.com - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan menjadi kandidat tunggal calon ketua umum dalam Kongres Partai Demokrat 2020.

Wakil Ketua Umum Parta Demokrat, Syarief Hasan menegaskan yang paling penting dalam pencarian ketua umum partai berikutnya adalah mampu membawa amanah kongres.

Baca Juga:

AHY Diangkat Jadi Bos Demokrat, Isi Posisi Waketum

"Yang penting kita mendapatkan ketua umum atau pemimpin yang betul-betul diamanahkan oleh kongres," ujar Syarief kepada wartawan, Minggu (16/2).

Karena itu, ia berharap kongres tersebut jadi momentum lahirnya pemimpin baru untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Mudah-mudahan ada lead, ada leader yang muncul lagi," kata dia.

Syarief mengatakan posisi AHY sebagai wakil ketua umum Partai Demokrat membuatnya memiliki tanggung jawab berkunjung ke berbagai daerah untuk konsolidasi dengan dewan pengurus daerah (DPD).

sekolah
Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Seiring berjalannya waktu, Syarief memperkirakan konsolidasi yang dilakukan AHY akan membuahkan hasil.

"Jadi mudah-mudahan dengan konsolidasi itu, para kader bisa memahami bahwa di Partai Demokrat semakin banyak orang-orang berkualitas. Seperti Mas AHY itu kan bagus untuk menjadi pemimpin masa depan," jelas Syarief.

Selain itu, diharapkan juga muncul generasi baru yang memiliki kapasitas mumpuni menjadi pemimpin Partai Demokrat menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kalau untuk calon ketua umum saya pikir itu tergantung dari suara di kongres. Yang penting kami mendapatkan ketua umum atau pemimpin yang betul-betul diamanahkan oleh kongres," ucap dia.

Baca Juga:

Temui Jokowi, SBY Minta Kepastian Terkait Jatah Menteri?

Sesuai hasil kongres sebelumnya Partai Demokrat berencana menggelar kongres Mei 2020. Rencana tersebut masih bisa berubah jika ada permintaan dari DPD.

"Kalau daerah mengusulkan begitu dan memenuhi persyaratan, mungkin kami akan pikirkan (untuk mengubah waktu)," ucapnya. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH