Ahsan/Rian Raih Perak di Kejuaraan Dunia

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 28 Agustus 2017
Ahsan/Rian Raih Perak di Kejuaraan Dunia
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro. (Dok PBSI)

MerahPutih.com - Satu medali perak dari ajang BWF World Championships 2017 dibawa pulang oleh pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro. Dalam partai final yang berlangsung di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Ahsan/Rian harus mengakui keunggulan Zhang Nan/Liu Cheng, asal Tiongkok.

Ahsan/Rian tampil anti klimaks, mereka tak dapat mengeluarkan permainan terbaik mereka dan takluk dari unggulan kedelapan tersebut dengan skor 10-21, 17-21.

Sejak game pertama, Ahsan/Rian bermain di bawah tekanan. Bola-bola depan yang menjadi kunci permainan ganda, tak dapat diungguli Ahsan/Rian, pergerakan Ahsan di depan net pun sudah dijaga oleh Zhang/Liu, sehingga ia tak dapat mengontrol permainan.

Di game kedua, penampilan Ahsan/Rian sempat membaik, mereka memimpin perolehan skor 9-6. Namun saat Zhang/Liu menyamakan kedudukan 9-9, pasangan Tiongkok ini seolah langsung memegang kendali permainan dan kembali mengunci langkah Ahsan/Rian.

“Kami tetap mengucap syukur sudah bisa sejauh ini. Kami sudah berusaha maksimal tetapi kami under performed, kami sudah usaha sekuat tenaga, tetapi inilah hasilnya,” kata Ahsan di Glasgow, Skotlandia, Minggu (27/8) waktu setempat.

“Lawan bermain bagus hari ini, sedangkan kami belum maksimal dan tak bisa keluar dari tekanan. Kami belum bisa memberikan yang terbaik,” tambah Rian.

Akan tetapi disebutkan Ahsan, raihan perak kejuaraan dunia menjadi modal untuk melangkah lebih jauh di pertandingan-pertandingan selanjutnya.

“Ini adalah pengalaman yang luar biasa buat kami, patut disyukuri. Kami akan bekerja lebih keras lagi untuk hasil yang lebih baik,” ucap Ahsan.

“Sekarang sudah dapet percaya dirinya, kami harus lebih fokus dan bersiap untuk pertandingan selanjutnya,” tutur Rian.

Sebagai pasangan non unggulan yang duduk di rangking 30 dunia, capaian Ahsan/Rian di kejuaraan bergengsi ini patut diapresiasi. Dalam perjalanan ke final, Ahsan/Rian membungkam unggulan pertama, Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok) di babak kedua, dengan skor 19-21, 21-18, 21-18.

Di semifinal, Ahsan/Rian kembali menebar ancaman dengan menaklukkan unggulan keempat, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang), 21-12, 21-15.

Indonesia berhasil meraih satu gelar di ajang BWF World Championships 2017 lewat pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang di final mengalahkan Zheng Siwei/Chen Qingchen (Tiongkok), dengan skor 15-21, 21-16, 21-15 (*)

#BWF World Championships
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan