Ahok Berangkatkan 30 Marbot ke Tanah Suci

MerahPutih Nasional - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberangkatkan 30 orang marbot atau penjaga masjid di Jakarta ke tanah suci dalam ibadah Umrah selama sembilan hari. Mereka akan mulai berangkat pada 18 Desember hingga 27 Desember mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan para marbot yang belum bisa berangkat Umroh ini menurutnya karena keterbatasan biaya. Namun, karena tangan tuhan banyak, puluhan umroh yang ada akhirnya bisa berangkat haji.

Dengan keberangkatan Umroh tersebut, Ahok berharap agar para marbot dapat menjadi panutan para pemuda di wilayahnya agar berakhlak lebih mulia. Dia juga berpesan agar para marbot menjaga kesehatannya selama berada di tanah suci sana.

"Mesti banyak minum, makan yang baik. Jangan sampai sakit di sana. Cuacanya kan beda," ujarnya.

Sementara itu, Staf Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, Agus Sofyan, mengatakan, marbot yang mengikuti program umroh ini berasal dari enam wilayah di Jakarta yang sebelumnya lolos seleski.

"Dari 3.146 marbot di DKI, akhirnya dinyatakan 30 orang tersebut lolos seleksi dan berhak mengikuti umroh selama sembilan hari," ungkapnya.

Adapun seleskinya, kata Agus diseleksi oleh tim penguji yang terdiri dari DMI dan Pemda di kantor DMI DKI, Islamic Center, Jakarta Utara, November lalu. Mereka minimal menguasai 10 surat, menjadi marbot sekurang-kurangnya 10 tahun, dan bisa menggantikan imam.

Setelah lolos seleksi, lanjut Agus, para marbot yang rata-rata usianya sekitar 30 tahun, mengikuti manasik haji di kantor DMI DKI, kemarin (15/12/2014), dan divaksin. Para peserta pun mendapatkan sejumlah fasilitas seperti pembuatan paspor, perlengkapan umroh, travel bag, dan uang saku.

Para 30 marbot yang berangkat menggunakan dana hibah  ke tanah suci tersebut, kata Agus akan didampingi tiga orang, yakni Kepala Seksi Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Sardiman, Sekum DMI DKI Makmun Al Ayyubi, dan satu orang dari pihak travel. Dengan kegiatan ini, ia berharap persaudaraan dan silaturahmi antara pemerintah daerah (pemda), DMI DKI, dan masjid se-Jakarta semakin erat.

"Tahun depan kami menargetkan 50-60 marbot yang berangkat. Ini merupakan  program awal Jokowi," tegasnya.


Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH