Ahli Makanan Seluruh Dunia Berkumpul di Istanbul Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

MerahPutih.com - Civitas academica, penulis, ahli masakan, tukang masak, dan kepala juru masak dari seluruh dunia berkumpul di Istanbul, Turki, sejak pekan lalu untuk menghadiri acara memasak.

Gastronomist 2017 merupakan acara pertama yang pernah dituanrumahi Turki. Acara tersebut diselenggarakan di Bundaran Sultanahmet yang bersejarah melalui kerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki dan Kabupaten Fatih.

"Selama kegiatan empat-hari ini, kami ingin mengenal budaya kuliner tradional terkenal, mengamati praktiknya di dapur dengan seksama dan mempelajari resep mereka," kata Mustafa Demir, Wali Kota Fatih, kepada Xinhua, Ahad (24/9) pagi.

Turki juga berusaha menyajikan contoh unik masakan tradisionalnya yang berkembang selama 2.000 tahun ke belahan lain dunia.

Buat Cuneyt Asan, pemilik rumah makan steak di Turki, gastronomi adalah cara yang paling efektif untuk membina hubungan dan menjembatani antarbudaya serta rakyat di seluruh dunia.

"Yang penting di sini ialah kenyataan bahwa kami membuat persahabatan," katanya. "Jika tidak, Anda dapat memasak apa saja yang anda mau, di mana pun anda mau, yang tak memiliki banyak kepentingan."

Untuk membuat acara tersebut, Asan menyajikan panggang sapi di lokasi itu dengan menggunakan oven yang dirancang secara khusus untuk di luar ruangan selama lima jam.

Beragam kegiatan telah dirancang untuk kegiatan memasak tersebut, termasuk penyajian makanan, panel, lokakarya mencicipi makanan oleh kepala juru bicara dari negara tamu termasuk Italia, Spanyol, Tiongkok dan Jepang. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH