Ahli Gizi: Kafein Bisa Tambah Stamina Berolahraga

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 22 Juli 2022
Ahli Gizi: Kafein Bisa Tambah Stamina Berolahraga
NOC Indonesia gelar talk show caffein & sport, Jumat (22/7). (Foto: YouTube/NOC Indonesia)

BEROLAHRAGA tentu membutuhkan stamina yang cukup, agar pembakaran lemak dapat terjadi secara optimal, dan pada gilirannya tubuh tetap fit setelah berolahraga ketimbang malah drop dan jatuh sakit.

Menambah stamina untuk berolahraga bisa didapat dengan berbagai cara, mulai dari mengonsumsi vitamin kompleks dari buah dan sayuran, menerapkan pola hidup sehat, hingga mengonsumsi berbagai suplemen penambah stamina.

Baca juga:

Sarapan Sereal Berkafein, Bikin Produktif di Pagi Hari

Namun bagi kamu pencinta kopi, ada cara nikmat dalam menambah stamina, agar tubuh tetap dapat berolahraga dengan ketahanan tinggi, yakni dengan mengonsumsi produk berkafein, seperti yang disarankan ahli gizi dr. Louise Kartika, MGizi, SpGK.

Ahli Gizi: Kafein Bisa Tambah Stamina Berolahraga
Ahli gizi dr. Louise Kartika saat bicara di Talk Show 'Caffein & Sport' bersama NOC Indonesia. (Foto: YouTube/NOC Indonesia)

"Sudah terbukti secara medis, jadi menurut saya kafein seperti dalam kopi sangat aman dikonsumsi sebelum berolahraga asal dalam takaran yang cukup," ungkap dr. Louise Kartika, MGizi, SpGK dalam Talk Show 'Caffein & Sport' bersama NOC Indonesia, Jumat (22/7).

Kartika menambahkan bahwa konsumsinya juga harus bijak, karena kalau terlalu banyak juga bisa justru mengeluarkan kandungan kalsium dari dalam ginjal. Ia menyarankan sebagai batas aman, yaitu maksimal 3-4 gelas kopi per hari.

Baca juga:

Smoothies Kopi Cocok untuk Sarapan dan Asupan Kafeinmu

Ahli Gizi: Kafein Bisa Tambah Stamina Berolahraga
Mikael Jasin telah membuktikan keampuhan kopi sebagai penambah stamina. (Foto: YouTube/NOC Indonesia)

Hal tersebut pun dikonfirmasi oleh pegiat kopi dan sport enthusiast Mikael Jasin, yang sudah pernah melahap Jakarta-Yogyakarta dengan bersepeda. Ia mengatakan selama perjalanannya itu beberapa kali membekali diri dengan gel kafein, untuk mendorong adrenalin dan stamina dalam tubuhnya agar mampu bersepeda jarak jauh.

"Menurut saya sih kalau dari jumlah kafein dalam segelas kopi, mungkin robusta yang paling banyak kadar kafeinnya, tapi kalau mau yang lebih rendah itu ada arabica, mungkin kafeinnya hanya sekitar 50-60% saja," jelas Mikael.

Kartika juga telah mengonfirmasi bahwa penggunaan kafein untuk berolahraga sudah legal karena kini kafein tidak lagi dianggap sebagai doping. Kafein punya porsi peran yang sama seperti minuman berenergi yang kerap dikonsumsi atlet dunia.

"Jadi kafein sekarang masuk ke dalam kategori ergogenic aids, jadi dianggap sebagai zat aktif atau suplemen yang digunakan untuk meningkatkan performance, dan kopi punya pengaruh yang cukup signifikan," tutur Kartika.

"Namun kembali lagi tergantung respon tubuh tiap orang terhadap kafein, ada yang bisa menerimanya dengan baik, ada juga yang baru minum sedikit langsung tremor, respon tubuh setiap orang berbeda," pungkasnya. (waf)

Baca juga:

Minum 2 Cangkir Kopi Sehari dapat Mengurangi Risiko Kerusakan Ginjal

#Kopi #Kesehatan #Kafein #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan