Headline

Ahli Gempa Beberkan Penyebab Gempa Lebak Terasa Kencang sampai Jakarta

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 25 Januari 2018
Ahli Gempa Beberkan Penyebab Gempa Lebak Terasa Kencang sampai Jakarta
Ilustrasi gempa. (Foto: Istockphoto)

MerahPutih.Com - Gempa yang berpusat di laut Selatan, Kabupaten Lebak, Banten terjadi selama dua hari berturut-turut. Namun mengapa getaran gempa terasa cukup kencang di DKI Jakarta? Padahal pusat gempa terletak ratusan kilometer dari Jakarta.

Ahli gempa dari UGM Gayatri Indah Marliani menjelaskan struktur tanah di DKI Jakarta bersifat lempung, lunak dan relatif lembek. Sifat struktur tanah ini membuat getaran gempa menjadi lebih besar.

"Tanah lempung dan lembek saat ada gelombang yang lewat akan semakin memperbesar gelombang goncangan. Sehingga getaran gempa terasa cukup kencang di Jakarta," jelas Gayatri melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Kamis 25 Januari 2018.

Gempa pertama mengguncang wilayah Lebak, Banten, pada Selasa (23/1) siang. Gempa ini berkekuatan 6,1 SR dan berpusat di laut selatan 81 km arah barat daya dari Lebak, Banten. Kedalamannya mencapai 10 km dibawah permukaan laut.

Kemudian hingga Rabu (24/1) siang terjadi 46 gempa susulan, salah satunya gempa berkekuatan 5,1 SR. Pusat gempa masih disekitar pusat gempa pertama, yakni berpusat di laut, 72 km Barat Daya Lebak, Banten dan berada di kedalaman 42 km. Kedua gempa tidak berpotensi tsunami. Getaran gempa ini terasa kencang di Sukabumi, Jakarta hingga Lampung.

Gayatri menambahkan masyarakat tak perlu khawatir dan tetap bersiaga. Sebab gempa yang terjadi adalah fenomena alam yang biasa terjadi akibat pergerakan lempeng bumi.

Selain Banten, gempa berkekuatan 5,1 SR juga mengguncang Aceh pada Rabu (24/1). Akibatnya Ratusan rumah warga di 12 Kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat, rusak pasca diguncang gempa. Beberapa atap dan kaca bangunan di Jakarta turut rusak akibat guncangan gempa.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

#Gempa Bumi #Gempa Tektonik #Universitas Gadjah Mada
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan