Aher: Produksi Gabah Jabar Capai Target

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 23 November 2017
Aher: Produksi Gabah Jabar Capai Target
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kiri) bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kedua kiri) dan Moeldoko (kedua kanan). (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Produksi gabah Jawa Barat hingga November 2017, telah mencapai target yang ditetapkan pemerintah pusat yakni sebesar 12 juta ton.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, saat mengadiri panen raya padi bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Ketua Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) di Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Kamis (23/11).

"Sesuai target, ya. Kita ditarget dari (pemerintah) pusat 12 juta ton," kata Aher di Indramayu, Kamis (23/11).

Pencapain target tersebut juga didukung dengan mulai beroperasinya Bendungan Jatigede yang mengairi 100 ribu hektare sawah di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon.

Meskipun Bendungan Jatigede belum dapat beroperasi secara maksimal, tetapi dapat mengatasi krisis air bagi lahan pertanian di wilayah Cirebon dan Indramayu.

"Jatigede ini belum beroperasi secara total. Semuanya belum selesai kemudian elevasi airnya juga belum optimal karena masih masa-masa lima tahun pertama jadi belum 100 persen," kata Aher.

Meski demikian, lanjut Aher, keberadaan Jatigede sangat membantu wilayah yang pada musim kemarau mengalami krisis air seperti Indramayu dan Cirebon. "Ini menambah keyakinan kita untuk mempertahankan swasembada pangan khususnya padi," katanya.

Pada tahun 2018, kata Aher, pemerintah pusat menargetkan produksi gabah Provinsi Jawa Barat sebesar 12,3 juta. "Kami yakin target tersebut dapat tercapai," tandasnya. (Mauritz)

#Panen Raya #Gubernur Jawa Barat #Ahmad Heryawan #Menteri Pertanian #Andi Amran Sulaiman
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan