Pawai Budaya Betawi Menyambut Asian Games Digelar Agustus Mendatang Ilustrasi Tari Betawi. (Instagram/@moveondancepro)

DALAM rangka menyambut Asian Games dan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, Dinas Pariwisata Jakarta akan menggelar pawai budaya dan lomba khas masyarakat Betawi. Rencananya acara ini akan digelar pada Agustus mendatang di wilayah Jakarta Barat.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat, Linda Enriany menjabarkan, acara Gelar Budaya Betawi di wilayah Jakarta Barat akan diselenggarakan pada 7-9 Agustus di Hutan Kota Srengseng, Krembangan.

"Di sana akan diadakan pawai budaya dan berbagai lomba kesenian Betawi seperti sahibul hikayat, tari betawi, lenong, palang pintu dan masih banyak lagi," ungkapnya seperti dilansir Antara.

Budaya Palang Pintu Betawi. (Instagram/@ ean_fajari)
Budaya Palang Pintu Betawi. (Instagram/@ ean_fajari)


Tak tanggung-tanggung, Dinas Pariwisata Jakarta juga akan menggelar Festival Kali Besar di wilayah Kota Tua. Acara ini akan diselenggarakan setelah Pawai Budaya Betawi, tepatnya pada 19-21 Agustus.

Selain itu, Jakarta diprediksi akan dipadati orang asing dalam penyelenggaraan Asian Games juga mempersiapkan agenda unik lainnya. Hal ini juga bertujuan untuk menyambut dan memperingati kemerdekaan Republik Indonesia.

"Masih dalam rangka menyambut Asian Games dan kemerdekaan RI, museum milik pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berada di wilayah Jakarta Barat juga memiliki kegiatan menerima tamu pameran," papar Linda.

"Seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, mereka juga akan memiliki acara tersendiri di dalam museumnya," lanjutnya.

Namun, jadwal acara di dalam museum tersebut bisa sewaktu-waktu berubah tergantung kebijakan Unit Pelaksana Tugas masing-masing, pungkasnya. (*)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH