Agus Rahardjo Sebut KPK Sudah Lama Intai Romi Ketua KPK Agus Rahardjo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo menyebut pihaknya sudah lama mengintai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy.

Keterlibatan Romi, sapaan Romahurmuziy, dalam praktik jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) diduga telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy. (Instagram/@romahurmuziy)
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy. (Instagram/@romahurmuziy)

"Sudah lama. Sudah lama (intai Rommy)," kata Agus Rahardjo di Gedung KPK lama, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/3).

Menurut Agus penyelidikan kasus ini berjalan hampir satu tahun. Dugaan adanya praktik kotor di kementerian yang dipimpin Lukman Hakim Syaifuddin ini semakin kuat setelah KPK menerima laporan masyarakat.

Bahkan, dari proses verifikasi dan pemeriksaan, kata Agus, pihaknya menemukan bukti permulaan. Dari proses indentifikasi sementara itu juga KPK menemukan adanya dugaan transaksi jual beli jabatan di Kemenag yang diduga melibatkan Romi terjadi berulang kali.

"Yang perlu dicatat itu bukan pemberian yang pertama karena sebelumnya juga yang bersangkutan pernah memberikan," tandasnya.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Romi dan empat orang lainnya. Informasi lebih rinci mengenai jual beli jabatan di Kemenag yang diduga melibatkan Romi ini akan disampaikan dalam konferensi pers.

Diketahui KPK menangkap Romi dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (15/3) pagi. Selain Romi, lembaga antirasuah juga mengamankan empat orang lainnya, termasuk pejabat Kementerian Agama. (Pon)

Baca Juga: KPK Duga Romi Kerap Terlibat Jual Beli Jabatan

Kredit : ponco


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH