Agus Rahardjo: Pimpinan Sempat Cegah UAS Ceramah di KPK Ketua KPK Agus Rahardjo saat memberikan keterangan kepada awak media di Gedung KPK (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengungkapkan bahwa pimpinan lembaga antirasuah sempat mencegah kehadiran Ustaz Abdul Somad untuk mengisi ceramah di kantornya. Menurutnya kehadiran pria yang karib disapa UAS, itu bukanlah undangan resmi secara kelembagaan.

"Kalau Ustaz Somad sama sekali bukan lembaga. Jadi ada beberapa staf yang pada waktu itu kajian Zuhur undang Ustaz Somad. Bahkan sebelumnya malamnya diberitahu, sebetulnya pimpinan sudah mencegah," kata Agus di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (20/11).

Baca Juga:

Pimpinan KPK Ungkap Alasan Gugat UU Baru

Agus mengatakan pencegahan dimaksud bukan mengenai kapasitas ilmu UAS, melainkan lantaran UAS termasuk yang berpihak saat Pemilu 2019. Menurut Agus hal itu untuk menjaga citra KPK agar tak dianggap berafiliasi terhadap kelompok politik tertentu.

Ustaz Abdul Somad ketika usai berceramah di KPK
Ustaz Abdul Somad (UAS) di Gedung KPK (Foto: antaranews)

"Bukan mencegah kapasitas UAS, tapi kan di beberapa waktu lalu pernah ada kontroversi ya mengenai beliau. Kami mengharap kalau yang khotbah di KPK itu orang yang inklusif orang yang tidak berpihak pada aliran tertentu. Harapan kita semuanya begitu," ungkap Agus.

Agus mengakui malam harinya, sebelum UAS ceramah di KPK, pimpinan sudah diberitahukan. Karena itu, kata Agus, pimpinan KPK sempat meminta agar tak mengundang UAS.

"Malamnya kita diberitahu ada UAS mau kajian Zuhur. Kita suda jangan, jangan diundang," ujarnya.

Baca Juga:

Kiai NU Gus Muwafiq Isi Ceramah Kebangsaan di KPK

Di sisi lain pada hari ini, KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq juga hadir ke lembaga antirasuah untuk mengisi tausiah. Agus menyebut kehadiran Gus Muwafiq berbeda dengan UAS.

"Kalau yang hari ini itu memang sudah direncanakan pimpinan sejak lama. Jadi beda ya, yang kemarin ada beberapa orang yang mengundang kajian Zuhur, lalu sebetulnya tak disetujui pimpinan. Kalau yang hari ini memang programnya pimpinan," pungkasnya.(Pon)

Baca Juga:

Ketua KPK Minta Anak Buahnya Tak Pakai Kopiah Saat Tangkap Koruptor

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH