Agus Rahardjo Pastikan Absen di Debat Pilpres, Bagaimana dengan 4 Pimpinan KPK Lainnya?

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 16 Januari 2019
Agus Rahardjo Pastikan Absen di Debat Pilpres, Bagaimana dengan 4 Pimpinan KPK Lainnya?
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

MerahPutih.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan tak akan menghadiri gelaran debat capres perdana meski dirinya telah resmi menjadi salah satu panelis.

"Kami sudah dari awal memberitahukan kepada KPU, KPK tak bisa hadir dalam acara debat," kata Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/1).

Agus menegaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya tidak akan terlibat dalam wilayah politik praktis. Kelima pimpinan KPK sepakat menjaga idependensi lembaga. "Kan pada waktu kita mau masuk banyak yang memperdebatkan jangan sampai kita masuk ranah politik independensi kita dimana," ungkapnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: kpk.go.id

Agus juga memastikan soal yang diserahkan ke KPU disusun oleh kelima pimpinan dan jajarannya. Menurutnya semua pertanyaan yang telah disusun KPK telah dibocorkan KPU kepada dua paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Cuman nanti yang keluar kan tidak tahu karena setiap sub seksi ada 5 kan, 5 untuk hukum, 5 untuk terorisme, 5 untuk korupsi, 5 untuk HAM, yang keluar yang mana kan enggak tahu, tapi sudah dibagikan kalau tidak salah," tandas Agus.

KPU akan menggelar debat perdana, Kamis 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Temanya meliputi hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Total debat yang harus diikuti paslon sebanyak lima kali. (Pon)

#KPK #Debat Capres-cawapres
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan