Agus Rahardjo Cs Bakal Temui Kapolri, Ada Apa Ya? Ketua KPK Agus Rahardjo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk membahas rencana pembentukan tim investigasi gabungan untuk mengusut kasus penyerangan air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

"Nanti kami lihat, setelah pertemuan ini (Presiden Joko Widodo dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian), kita cari waktu kapan bisa bertemu kembali, antara KPK dengan Polri," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (1/8).

Menurut Febri, selain membicarakan lebih rinci mengenai tim investigasi gabungan tersebut, KPK juga ingin mengetahui perkembangan dari penyelidikan yang dilakukan jajaran Polri yang sudah berlangsung lebih dari tiga bulan.

"(Pertemuan) untuk juga mengetahui perkembangan-perkembangan yang kalau dari informasi yang kita dengar ada beberapa perkembangan yang bagus. Kita akan koordinasi lagi," katanya.

Febri mengakui bahwa gagasan tim investigasi gabungan pernah disampaikan oleh Kapolri pada saat menemui pimpinan KPK, di Gedung KPK beberapa waktu lalu.

Namun, dalam kesempatan itu, pimpinan KPK telah menyampaikan ke Jenderal Tito bahwa lembaga antirasuah itu tidak mempunyai kewenangan untuk menangani perkara tindak pidana umum.

"Jadi, kalau itu dalam ranah tindak pidana umum tentu saja lebih tepat domain dari Polri yang diatur di KUHP," kata dia.

"Kalau dibutuhkan koordinasi lebih lanjut, kapasitas yang bisa dilakukan KPK adalah berkoordinasi dengan pihak Polri," sambung eks aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) itu. (Pon)

Baca berita terkait kasus Novel lainnya di: Kasus Novel, Busyro Menilai Langkah Presiden Panggil Kapolri Terlambat


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH