Wisata Indonesia

Agenda Event Tradisi di Yogyakarta Bulan Maret 2021

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 09 Maret 2021
Agenda Event Tradisi di Yogyakarta Bulan Maret 2021
Tradi pembuatan apem sebelum jumenengan. (Foto: instagram@Kraton Jogja)

PEMDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencanangkan 71 event budaya dan pariwisata selama 2021. Acara-acara itu tertuang dalam Calender of Event (CoE) 2021 atau kalender wisata 2021.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo menjelaskan 71 event tersebut terbagi ke dalam 8 kategori event. Adapula 34 ikonik event yang menyajikan agenda budaya serta pariwisata bertaraf nasional maupun internasional.

Baca Juga:

Beda Blangkon Yogyakarta dan Solo di Negeri Aing

jogja
Hajad Dalem Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X (13 Maret 2021). (Foto: instagram@Kraton Jogja)

"Kami optimis perekonomian itu bakal pulih kembali tahun 2021 ini. Meski hingga saat ini pandemi masih belum berakhir. Maka kami sudah susun 71 kegiatan untuk menghidupkan lagi sektor pariwisata," ungkap Singgih di Yogyakarta, Selasa (09/02).

Ia melanjutkan dalam waktu dekat akan ada rangkaian acara budaya dan tradisi di Kraton Yogyakarta mulai tanggal 10 hingga 12 Maret 2021.

Rangkaian acara akan dimulai dengan tradisi Peksi Burak di Keraton Yogyakarta. Acara tersebut merupakan tradisi persembahan yang digelar Keraton Yogya dengan simbolis burung Burak yang diyakini sebagai kendaraan Nabi Muhammad SAW saat melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj.

"Tanggal 11 Maret 2021 ada tradisi Ngebluk yakni prosesi pembuatan adonan apem sebelum acara apeman untuk memperingati kenaikan tahta/Hajad Dalem Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X," jelasnya.

Baca Juga:

Ngilu, Kikir Gigi Hanya Ada di Indonesia

jogja

Pantai Parangkusumo Bantul, prosesi Labuhan Keraton Ngayogyakarta (14 Maret 2021). (Foto: instagram@Kraton Jogja)

Selanjutnya pada 12 Maret 2021 akan dilangsungkan tradisi Ngapem atau prosesi pembuatan apem (makanan khas tradisional Jawa) yang sudah menjadi rangkaian adat untuk memperingati kenaikan tahta/Hajad Dalem Tingalan Jumenengan Ndalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pada 13 Maret 2021, akan digelar Tingalan Jumenengan Ndalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Tingalan Jumenengan Ndalem itu event dalam rangka memperingati ulang tahun kenaikan tahta. Digelar Keraton Yogyakarta," katanya.

Kemudian wisatawan dapat melihat Festival Andong pada 13-14 Maret 2021 di kawasan Sleman City Hall, Denggung Kabupaten Sleman Jam 10.00 - 18.00 WIB.

Selanjutnya pada 14 Maret 2021, wisatawan bisa menyambangi Pantai Parangkusumo Bantul untuk menyaksikan prosesi Labuhan Keraton Ngayogyakarta.

Baca Juga:

Ada Ucapan Syukur ke Sang Pencipta di Balik Sajian Tumpeng

jogja
tradisi Ngapem atau prosesi pembuatan apem (12 Maret 2021). (Foto: instagram@Kraton Jogja)

Dalam tradisi ini Keraton Yogyakarta melabuh benda-benda tertentu yang disebut sebagai ubarampe labuhan.

Wisatawan juga bisa mengikuti event Coast To Coast pada 27-28 Maret 2021 mendatang. Ini merupakan event lari lintas alam yang start dan finish di Seputar Pantai Depok Bantul.

Tahun ini direncanakan akan dilaksanakan pada Sabtu- Minggu 27-28 Maret 2021 dengan start dan finish di Museum Parangtritis Geomaritime Science Park.

Rencananya akan ada 7 kategori lari yaitu 13km, 25km, 50km, 70km, 100km, tim, dan peserta khusus 5km.

Dinas Pariwisata aka segera meluncurkan agenda event tahun 2021. Ia berharap agenda tersebut dapat menarik hasrat warga Indonesia berwisata ke Yogyakarta.

"Lewat kalender event wisata ini kami harap dapat mencapai visi menjadikan Yogya sebagai pusat pendidikan, budaya, dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara tahun 2025," tandasnya. (Teresa Ika/DI Yogyakarta)

Baca Juga:

Mengenal Deretan Duel Unik di Negeri Aing

#Yogyakarta #Kota Yogyakarta #Wisata Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan