Wisata Indonesia
Agen Travel Independen Bali Tangguh Walau Sepi Wisatawan Kondisi Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali sebelum PPKM. (sumber: merahputih.com/Ancilla)

ANDI memutuskan tidak lagi menjadi seorang karyawan. Setelah 15 tahun bekerja sebagai karyawan hotel, ia mencoba peruntungan di dunia wirausaha. Bidang yang ia pilih ialah agen travel di tanah rantaunya, Bali.

Namun, ia bekerja dengan independen, karena seluruh operasional bisnisnya ia kerjakan sendiri, tanpa adanya satupun karyawan. Jika perusahaan agen travel memiliki divisi marketing, tapi tidak di bisnis Andi. Urusan promosi ia lakukan sendirian. Dengan modal pengalaman bekerja 15 tahun di perhotelan, ia memasarkan jasa travel miliknya melalui media sosial dan situs web.

Baca Juga:

Abang Bakso Tangguh, Beralih Profesi Jadi Tukang Bangunan demi Keluarga

Setelah mendapatkan pelanggan, Andi pun tetap tidak bisa bersantai. Ya, untuk urusan mengantar wisatawan sampai memandunya, juga ia lakukan sendiri. Bahkan ia harus pintar mengatur waktu agar jadwal perjalanan tidak bentrok karena ia hanya memiliki satu mobil sebagai moda transportasi untuk para wisatawan.

Boleh dibilang Andi memang kewalahan menjalani bisnisnya tanpa karyawan atau rekan untuk membantu operasionalnya. Ia hampir tidak memiliki waktu senggang untuk keluarga, bahkan untuk dirinya sendiri. Tapi di balik kesibukannya itu, hasilnya amat sepadan.

Belum ada turis asing ke Bali. (sumber: merahputih.com/Ancilla)

Tarif jasa wisatanya itu dipatok mulai Rp 400 ribu-Rp 800 ribu, tergantung paket wisatanya. Untuk fullday (8 jam) tarif yang perlu dipersiapkan sekitar Rp 800 ribu. Sementara, untuk half day (4 jam) biayanya sekitar Rp 400 ribu.

Untuk tujuan wisatanya, Andi membaginya menjadi empat destinasi. Di antaranya, wisata alam, wisata bahari, wisata belanja, dan wisata hiburan. Pilihan wisata alam termasuk Pura Uluwatu, Pura Tanah Lot, Pura Batuan, Goa Gajah, Tirta Empul, Tegalalang Rice Terrace, Kintamani, Monkey, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Ketangguhan Pebisnis Dirikan Butik di Masa Pandemi

Sementara, untuk wisata baharinya olahraga air di laut seperti banana boat, diving, flying fish, flyboard, sea walker, dan ada arum jeram juga. Sedangkan wisata lainnya tamu diberikan pilihan untuk mengunjungi tempat belanja di mal, atau tempat yang berjualan barang kerajinan tangan khas Bali. Wisatawan juga diberikan pilihan untuk menikmati kebun binatang.

Sebelum pandemi, Andi sampai kewalahan melayanan wisatawan. (sumber: pexels/DarrenLawrence)

Sebelum pandemi, ia membawa tamu wisata saban hari. Saking ramainya tamu, saat kuota jasa wisatanya penuh, biasanya Andi berbagi penumpang dengan rekan-rekannya. “Kadang kalau tamu lebih dari satu paket sehari, saya sharing dengan teman atau wadah organisasi persatuan guide dan driver yang saya bentuk dengan teman-teman yang lain,” ujar Andi kepada merahputih.com.

Namun, ketika pandemi melanda, Andi benar-benar kesulitan menjalankan bisnisnya. Andi mengatakan target pelanggannya adalah pelancong dari Australia dan Eropa. Jadi, ia lebih sering membawa wisatawan asing dibandingkan lokal.

"Saat pandemi COVID-19, saya benar-benar tidak bekerja karena Bali lumpuh total, tidak ada tamu yang datang liburan atau berwisata ke Bali. Sejak pandemi tidak ada pekerjaan dan reservasi sama sekali, alias zero order,” ujarnya.

Mengingat ia adalah seorang kepala keluarga dan ayah dari dua anak, akhirnya ia banting setir menjadi seorang kuli bangunan di Bali. Upaya ini ia lakukan agar tetap tangguh untuk bisa bertahan hidup di tengah sulitnya situasi pandemi yang membuat banyak orang kehilangan pendapatan.

“Karena penerbangan Internasional belum dibuka, maka tamu asing pun belum ada yang berkunjung. Jadi saya bersabar saja sampai pariwisata pulih kembali,” ujar Andi dengan penuh harapan. (cil)

Baca Juga:

Relawan COVID-19, Jagoan Tangguh Walau Virus Menyerang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
371 Ribu Bayi Lahir pada Tahun Baru 2021
Fun
371 Ribu Bayi Lahir pada Tahun Baru 2021

Dari seluruh dunia, kata UNICEF separuh dari kelahiran ini diperkirakan akan terjadi di 10 negara

Pembelian Mobil Secara Daring Meningkat di Masa Pandemi
Fun
Pembelian Mobil Secara Daring Meningkat di Masa Pandemi

Pandemi membuat penerapan teknologi digital di bidang otomotif meningkat.

'Deathloop' Berpotensi Jadi Game of the Year 2021
Fun
'Deathloop' Berpotensi Jadi Game of the Year 2021

Deathloop diklaim berpotensi menjadi Game of the Year pada 2021.

Bukan Hal Tepat, Balas Dendam setelah Perselingkuhan
Hiburan & Gaya Hidup
Bukan Hal Tepat, Balas Dendam setelah Perselingkuhan

Selingkuh dari pasangan bukan hal yang baik untuk dilakukan.

Pakai Tenaga Surya, Mobil Listrik Lightyear One Enggak Ribet Cari Colokan
Fun
Mariah Carey Gandeng 'Mini Mariah' untuk Kolaborasi Lagu Natal
ShowBiz
Mariah Carey Gandeng 'Mini Mariah' untuk Kolaborasi Lagu Natal

Carey akan membawa Ariana Grande serta Jennifer Hudson dalam acara itu.

'Dojo 3' Perkuat Posisi Film Dokumenter Asia
Fun
'Dojo 3' Perkuat Posisi Film Dokumenter Asia

Peristiwa penting untuk lingkaran kerja film dokumenter Asia tetap berlangsung di masa pandemi.

Jangan Kaget, Tubuhmu Bisa Melakukan Banyak Hal saat Tidur
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Kaget, Tubuhmu Bisa Melakukan Banyak Hal saat Tidur

Faktanya, tubuhmu bisa melakukan hal-hal aneh saat tidur.

Qualcomm Rilis Snapdragon 678, Ini Kelebihannya
Fun
Qualcomm Rilis Snapdragon 678, Ini Kelebihannya

Qualcomm Snapdragon TM 678 merupakan generasi penerus dari Snapdragon 675.

Sempat Hamil Anak Kedua, Meghan Markle Alami Keguguran
ShowBiz
Sempat Hamil Anak Kedua, Meghan Markle Alami Keguguran

Sebelum menyadari dirinya keguguran, Duchess of Sussex masih melakukan aktivitas kesehariannya seperi biasa.