Agate Luncurkan Gim Konsol Berbahasa Sunda Tangkapan layar game “Valthirian Arc: Hero School Story” dari Agate dalam bahasa Sunda. (YouTube)

PENGEMBANG gim ternama yang berbasis di Bandung, Jawa Barat Agate resmi meluncurkan sebuah gim konsol pertamanya Valthirian Arc: Hero School Story untuk PlayStation 4 pada Selasa (24/3).

Gim bergenre role-playing game (RPG) ini merupakan sebuah gim di mana para pemainnya akan memerankan karakter dalam latar fiksi. Valthirian Arc: Hero School Story sudah diperkenalkan di Amerika Serikat dan Eropa tahun 2018, sebelum pulang kampung ke Indonesia.

Baca juga:

Mirip Corona, Film-Film Kisahkan Virus yang Menghancurkan Kota

VP Costumer Game Agate, Cipto Adiguno menjelaskan hargagim konsol yang lebih terjangkau di Amerika Serikan dan Eropa membuat mereka lebih dulu meluncurkan Valthirian Arc: Hero School Story di sana.

"Penggunanya, pemain gim, lebih banyak di luar negeri," kata Cipto dalam konferensi pers, seperti dilansir Antaranews.com, Selasa (24/3).

Baca juga:

Jim Carrey Kembali Jadi The Mask di Space Jam 2

Menariknya, ketika membawa pulang gim ini, Agate menambahkan sebuah fitur bahasa. Dengan begitu pemain bisa merasa lebih dekat dengan gim ini. "Ada bahasa Sunda dan bahasa Indonesia," tutur Cipto.

Bahasa Sunda yag digunakan sebagian besar adalah bahasa sehari-hari yang akrab dan sering di dengar di kota Bandung, tempat Agate bernaung. Bukan hanya itu, di dalam gim juga terdapat askara Sunda.

Namun, memasukan bahasa daerah ke dalam gim yang berbau Eropa bukanlah hal mudah. Agate bukan hanya menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan Sunda, namun membuat konteks ceritanya bisa lebih dipahami oleh pemain.

"Kami ingin banget bawa bahasa daerah ke gim kita yang lain karena kita ingin menumbuhkan semangat bahwa bahasa lokal itu tidak norak, itu sesuatu yang bisa dibanggakan, tidak aneh kalau ada di gim," ujar dia. (Yni)

Baca juga:

Keuntungan #DiRumahAja Sembari 'Work From Home'


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH