Agar Puasa Lancar, Jaga Asupan Saat Sahur Konsumsi makanan dengan porsi nutrisi yang sesuai bagi tubuh, agar tahan berpuasa sampai berbuka. (Foto: Pexels)

Tidak minum dan makan selama kurang lebih 14 jam akan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan cairan (dehidrasi). Karena itu, wajar saja jika saat berpuasa Anda merasa lemas.

Sahur merupakan momen vital untuk mempersiapkan tubuh agar asupan energi, lemak, protein, dan serat dalam tubuh tercukupi. Namun demikian, semua elemen yang masuk dalam tubuh tetap harus seimbang.

Meski protein sangat diperlukan, tetapi jangan mengonsumsi protein berlebihan. Konsumsi protein berlebih akan membutuhkan banyak air untuk mencernanya, sehingga membuat Anda cepat haus.

Makanan pokok seperti nasi memiki kadar gula yang tinggi, berguna sebagai sumber energi bagi tubuh. Walau begitu, agar energi tetap terjaga amat disarankan Anda mengonsumsi makanan kaya serat, seperti beras merah. Semakin tinggi serat maka penyerapan di saluran pencernaan akan diproses secara perlahan, sehingga kadar gula yang naik ke darah akan perlahan, menjaga energi tetap stabil.

Maka dari itu, jaga porsi makan Anda seperti yang dibutuhkan oleh tubuh saat menjalankan puasa. Agar energi Anda tetap terjaga dan stabil, disarankan untuk menyantap satu porsi makan sahur berisi nasi merah, ayam, tahu, mentimun, serta lalapan. (Bing)

Kredit : kapten

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE