Agar Lebih Necis, Organda DKI Akan Beri Latihan Khusus Angkot OK Otrip

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Kamis, 22 Februari 2018
Agar Lebih Necis, Organda DKI Akan Beri Latihan Khusus Angkot OK Otrip
Sejumlah unit TransJakarta yang terparkir di pool bus Cawang, Jakarta Timur. (Foto: MerahPutih/Arie Majorca)

MerahPutih.com - Dewan Pembina Unit Organda Angkutan Lingkungan DKI Petrus Tukimin mengatakan, rencananya sopir angutan kota (angkot) yang tergabung dengan program one karcis one trip (OK Otrip) akan diberikan pelatihan khusus, di Malang Jawa Timur hingga mendapatkan sertifikasi sopir seperti sopir bus Transjakarta.

"Akan diberikan pendidikan gratis berapa hari di Malang, dikasih uang saku nginep. Mereka akan dididik hingga mendapatkan sertifikasi sehingga supir jadi rapih," kata Petrus di Kantor Suku Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Kamis (22/2).

Menurut dia, pelatihan tersebut sengaja dilakukan guna membentuk kepribadian sopir angkot yang lebih profesional baik dari penampilan hingga kedisiplinan berlalu lintas.

Petrus menuturkan, standar pelayanan minimal (SPM) yang mengatur kerapihan sopir mulai dari penampilan rambut rapih, seragam, sepatu hingga bau badan yang dituntut supaya terus segar.

"Iya itu benar kalau ada pelanggaran ya dipotong. Lampu sein mati potong, ambil penumpang sembarangan dipotong karena mereka digaji jadi harus disiplin," ungkap Petrus.

Sebelumnya diberitakan, puluhan sopir angkot trayek Pasar Tanah Abang yakni M03, M08, M 10 melakukan aksi demo di Jalan Bengkel, Jati Baru, Jakarta Pusat, pada Kamis (22/2) pagi.

Aksi mereka tersebut untuk menolak program OK Otrip andalan Anies-Sandi. Sebab program itu memberatkan mereka karena harus menempuh jarak 170 Kilometer (KM) dalam lakukan program OK Otrip. (Asp)

#Sopir Angkot
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan