Agar Lansia Tetap Bugar Perlu Olahraga Low Impact

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 01 Juni 2023
Agar Lansia Tetap Bugar Perlu Olahraga Low Impact
Zumba Gold dirancang khusus untuk lansia yang aktif, pemula, dan individu dengan keterbatasan fisik. (Zumba Gold)

ADA banyak alasan mengapa orang lanjut usia ragu untuk berolahraga, salah satunya karena kurangnya pengetahuan dan panduan yang tepat. Kebanyakan dari mereka merasa tidak mampu berolahraga karena keterbatasan gerak atau merasa tidak yakin dengan pilihan olahraga yang ada.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan program olahraga yang inklusif dan dapat diakses oleh semua usia, kemampuan, dan ukuran tubuh. Sebagai program dansa-kebugaran global yang mendukung keberagaman, Zumba menawarkan berbagai jenis kelas untuk lapisan masyarakat. Salah satunya melalui Zumba Gold, program latihan dansa-kebugaran low-impact yang dirancang khusus untuk lansia yang aktif, pemula, dan individu dengan keterbatasan fisik.

Baca Juga:

4 Olahraga Permainan ini Berasal dari Permainan Populer

Zumba Gold Ajak Lansia untuk Tetap Bugar
Ririe Bogar dan ZES Olivia Febriani. (Foto: Zumba Gold)

"Zumba Gold menekankan fleksibilitas, keseimbangan, dan kesehatan jantung, yang berkontribusi pada peningkatan kebugaran secara keseluruhan, peningkatan mobilitas, dan peningkatan kesehatan. Program ini mendukung keberagaman bentuk tubuh dan bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung agar semua orang merasa nyaman, percaya diri, dan terinspirasi untuk bergerak," kata Instruktur Spesialis Zumba Gold di Indonesia Olivia Febriani, dalam siaran resminya.

Dengan menggabungkan gerakan tarian low-impact, latihan peregangan, dan latihan kekuatan, Zumba Gold memberikan latihan secara menyeluruh yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan, serta meningkatkan fungsi kognitif. Peserta dapat merasakan peningkatan stamina, mobilitas sendi yang lebih baik, berkurangnya risiko jatuh, dan ketangkasan mental yang lebih baik—semuanya dilakukan sambil bersenang-senang.

Selain untuk manula, Zumba Gold dapat menjadi alternatif olahraga bagi mereka yang mengalami obesitas. Obesitas merupakan masalah kesehatan global, tidak terkecual di Indonesia. Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, prevalensi obesitas pada orang dewasa di Indonesia meningkat hampir dua kali ipat dari 19,1 persen pada 2007 menjadi 35,4 persen pada 2018.

Baca Juga:

Bolehkah Olahraga di Malam Hari?

Zumba Gold Ajak Lansia untuk Tetap Bugar
Tetap sehat sepanjang hari. (Unsplash/Anupam Mahapatra)

Kerentanan obesitas di Indonesia meningkat karena semakin banyak orang yang terpapar makanan dan gaya hidup yang tidak sehat, membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Body Positivity Influencer dan Pendiri Komunitas Plus-Size Indonesia, Ririe Bogar berbagi antusiasme saat mengikuti sesi Zumba Gold.

"Sebagai perempuan bertubuh besar, saya telah menemukan dunia baru yang penuh dengan kegembiraan, gerakan, dan pemberdayaan diri melalui kelas ini. Zumba Gold telah memberi saya lingkungan yang mendukung dan inklusif di mana saya dapat bergerak sesuai keinginan saya," kata Ririe.

Seperti halnya setiap rutinitas kebugaran, kamu disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai program latihan. (and)

Baca Juga:

Olahraga Kuno Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan