Agar Dapat Khasiat Terbaik, Kenali Ciri-Ciri Pisang Matang Pisang matang berkulit kuning dengan gurat hijau. (Foto: Pixabay)

SAAT sarapan, jangan lupa tambahkan buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Pisang merupakan alternatif tepat. Namun, ada syaratnya.

Pilihlah pisang yang matang. Namun, tidak terlalu matang. "Kalau terlalu tua, (kadar) glukosanya tinggi," terang Spesialis Gizi Klinik MRCCC Siloam Hospital, Dr Samuel Oetoro.

Sebaliknya, pisang yang masih agak mangkel mengandung glukosa rendah dan fruktosa tinggi. Pisang seperti inilah yang mestinya Anda konsumsi. Fruktosa merupakan sumber gula alami yang aman bagi tubuh.

Lantas, bagaimana cara mengetahui pisang yang Anda konsumsi matang atau terlalu matang? Pisang yang belum terlalu tua kulitnya kuning dan masih dihiasi guratan hijau. Sementara pisang yang sudah terlalu matang memiliki kulit yang kuningnya merata dan berbintik-bintik hitam.

Selain mengandung karbohidrat, pisang juga kaya serat dan pektin sehingga dapat mengurangi kembung. Manfaat lain yang diberikan pisang ialah kemampuannya menyeimbangkan kadar kolesterol serta membakar lemak.

Meski begitu, Anda disarankan tidak mengandalkan pisang sebagai satu-satunya menu sarapan. Selain pisang, santap pula makanan yang mengandung protein seperti putih telur atau susu supaya tubuh mendapatkan gizi yang lengkap. (*)

Dapatkan tip mengenai pisang pada artikel Tips Agar Buah Pisang Cepat Matang.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH