Agar Baterai Ponsel Tahan Lama

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 28 Oktober 2020
Agar Baterai Ponsel Tahan Lama
Agar baterai ponsel awet. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

SAAT ini, kapasitas baterai menjadi salah satu pertimbangan memilih ponsel. Sayangnya, meskipun kapasitas baterai sudah besar, jika pengguna ponsel 'jorok' hal itu akan sia-sia. Baterai bisa saja bocor sehingga mengurangi lamanya daya baterai.

Melalui keterangan resminya, OPPO Indonesia mengatakan agar baterai tahan lama, salah satu caranya ialah tidak terlalu lama mengisi daya baterai. Hal ini membuktikan jika anggapan baterai ponsel cepat habis karena kurang lama diisi adalah salah.

Baca juga:

Ada trik agar baterai ponsel tahan lama. (Foto: Pixabay/stevepb)
Ada trik agar baterai ponsel tahan lama. (Foto: Pixabay/stevepb)

Banyak pengguna ponsel yang sengaja mengisi daya sebelum tidur malam hari dan baru mencabutnya di pagi hari. Padahal kondisi ini malam membuat tekanan dan tegangan tinggi pada baterai. Akibatnya dapat mengikis bahan kimia di dalamnya. Jika bahan kimia semakin menipis maka baterai akan cepat bocor dan rusak.

Dalam beberapa kasus, kondisi baterai yang tak prima menyebabkan percikan api. Biasanya hal ini terjadi ketika pengguna tak menggunakan pengisi daya yang asli.

Baca juga:

Jangan mengisi daya ketika daya baterai sangat kosong. (Foto: Pixabay/tranmautritam)
Caption

Pengguna disarankan untuk mengisi daya sesegera mungkin saat daya sudah turun. Tak perlu menunggu sampai baterai habis 0 persen. OPPO Indonesia merekomendasikan mengisi daya ponsel ketika tersisa 40 atau 35 persen. Karena jika dibiarkan habis hingga 0 persen, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya akan lebih lama.

Guna mengantisipasi pengisian daya berlebih pada ponsel, OPPO sengaja menyematkan fitur AI Night Charging di Reno4 F. Sehingga ponsel secara otomatis akan berhenti menarik arus listrik ketika baterai sudah terisi 100 persen.

Fitur ini dikembangkan dengan kecerdasan buatan artificial intelligence atau AI, yang mempelajari kebiasaan pengisian daya ponsel saat tidur di malam hari. (Yni)

Baca juga:

#Teknologi #Ponsel
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan