Agar Anak Tak Bosan #DirumahAja, Ikuti Tips Ampuh Ini Kenali beberapa tips agar anak tak bosa saat #DirumahAja (Foto: pixabay/finelightarts)

GUNA menghentikan penyebaran virus Corona, pemerintah menganjurkan semua orang melakukan physical distancing. Keluar rumah juga tidak dianjurkan, kecuali ada keperluan mendesak.

Anjuran itu tentu membuat anak-anak bosan. Apalagi mereka harus belajar dari rumah dan dilarang melakukan kegiatan di luar rumah.

Baca Juga:

Ingin Tetap Sehat Saat #DiRumahAja? Ini Tipsnya

Namun, ayah dan bunda tak perlu khawatir, karena ada beberapa tips ampuh untuk mengusir rasa bosan si kecil karena harus selalu berada di rumah.

Seperti yang dilansir dari laman Alodokter, tips yang pertama yaitu ajak si kecil berkreasi lewat seni. Menggambar dan mewarnai bersama merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan anak.

Menggambar dan mewarnai bisa jadi solusi agar si kecil tak bosan di rumah (Foto: pixabay/marimari1101)

Selain mengajari anak untuk berkreasi dengan warna dan bentuk, kegiatan menggambar dan mewarnai pun dapat membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasi anak dan membuatnya gembira.

Untuk opsi lainnya, ayah dan bunda juga bisa mengajak si kecil bernyanyi, bermain musik, atau menari bersama. Aktivitas menyenangkan ini meningkatkan keterampilan motorik kasar anak, dan koordinasi tangan serta matanya.

Baca Juga:

Bantu Para Tenaga Medis, Apple Akan Desain dan Produksi Jutaan APD

Tips yang kedua yaitu memasak bersama. Manfaatkan momen #DiRumahAja untuk melakukan eksperimen resep bersama kecil. Pilihlah resep makanan kesukaan si kecil. Gunakan bahan-bahan sederhana yang mudah dibuat.

Memasak bersama orang tua tak sekadar menyenangkan bagi anak, tapi juga membuatnya dapat belajar cara memasak makanan yang disukainya. Tapi pastikan selalu mengawasi si kecil saat berada di dapur ya.

Selain itu, memasak bersama pun mengajarkan si kecil agar menghargai usaha orang tuanya untuk memasak makanan untuknya. Dengan begitu, ke depannya si kecil akan mensyukuri makanan yang diterimanya, dan tak membuang-buangnya.

Tips Ketiga yakni berkebun. Manfaatkan area pekarangan rumah untuk melakukan aktivitas berkebun dengan si kecil. Apabila tak ada pekarangan di rumah, Ayah atau Bunda cukup mengajak si kecil menanam tanaman di pot.

Berkebun bisa menambah pengetahuan anak dan membuatnya cinta dengan lingkungan (Foto: pixabay/jillwellington)

Kegiatan itu dapat menjadi pengalaman baru yang menyenangkan serta sangat positif bagi si kecil. Karena dengan berkebun, anak belajar bertanggung jawab, mencintai lingkungan alam, dan mengenal ragam tumbuh-tumbuhan.

Tips keempat yaitu menonton film favorit bersama. Ajaklah si kecil menonton film kesukaanya. Sembari menonton film, petik pelajaran pada film untuk kamu ajarkan ke si kecil.

Untuk Tips yang kelima, yaitu berolahraga sambil berjemur. Selama kamu dirumah, ajaklah si kecil untuk berolahraga bersama di pagi hari sambil berjemur. Namun tak perlu lama-lama, cukup 15-30 menit saja.

Rutin berolahraga sambil berjemur sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak, dan memperkuat tulang serta daya tahan tubuhnya. Jadi, meski #DirumahAja, usahakan agar si kecil tetap aktif bergerak agar tubuhnya sehat dan terhindar dari obesitas.

Nah, itu dia beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh ayah dan bunda bersama si kecil untuk menghilangkan kebosanan saat #DirumahAja. Semoga bermanfaat! (ryn)

Baca Juga:

Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Milenial

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH