AFC Akan Tentukan Wakil Indonesia di Kompetisi Asia Akhir November Logo AFC

MerahPutih.com - PSSI sudah mengirimkan berkas lima klub Liga 1 yang memiliki lisensi AFC. Kelima klub tersebut adalah Arema FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Madura United FC, dan Bali United.

Pelaporan dokumen kelima klub itu sebagai bentuk pelaporan PSSI kepada Konfederasi Sepak Bola Asia. Nantinya, AFC akan memverifikasi data tersebut sebelum mengumumkan pada akhir November.

"Kami sudah berkirim surat, dan PSSI menyampaikan lima klub sudah kami setorkan namanya ke AFC, dan keputusan akhir ada di AFC itu sendiri," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono seperti dilansir Bolaskor.com, Senin (27/11).

Dengan begitu, PSSI juga sudah memberikan keterangan bahwa klub mana saja yang bakal mewakili Indonesia di kompetisi Asia. Keterangan klub mana saja yang bakal mewakili Indonesia di kompetisi Asia sesuai report klasemen akhir Liga 1 musim ini. Akan tetapi, yang memutuskan tentu saja AFC.

"Dengan rangking Liga 1, dan kita mengetahui bahwa normatifnya AFC akan melakukan verifikasi terhadap kelayakan klub-klub, salah satunya masalah lisensi. Tetapi, report tentang klasemen akhir kompetisi itu menjadi referensi kita (PSSI). Jadi urutannya sesuai dengan klasemen akhir Liga 1. AFC akan melakukan sidang pada 29 dan 30 November di Bangkok, Thailand, dan mudah-mudahan bisa kita ketahui semuanya. Setelah di sidang itu Komite Eksekutif AFC memutuskan," ungkap Joko Driyono.

Alhasil, jika melihat acuan klasemen akhir Liga 1, maka Bhayangkara FC akan mewakili Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia. Sebab, The Guardian menjadi juara Liga 1. Sementara itu, Bali United FC (runner-up) dan PSM Makassar (posisi ketiga) mewakili Indonesia di Piala AFC musim depan.

Namun, jika melihat acuan lisensi AFC sebagai syarat utama bermain di kompetisi Asia, Bali United FC bakal mewakili Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia. Pasalnya, sang juara Liga 1, Bhayangkara FC gagal mempunyai lisensi AFC.

Persija Jakarta yang finis di urutan keempat akan mewakili Indonesia di Piala AFC. Persija didampingi Madura United FC yang finis di posisi kelima. Madura United mendapat jatah tersebut, lantaran PSM Makassar tidak memiliki lisensi AFC.

Kredit : dika


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH