'Aero Press' Alat Seduh Kopi yang Dilombakan Hingga Skala Internasional

Stella MarisStella Maris - Kamis, 30 Maret 2017
'Aero Press' Alat Seduh Kopi yang Dilombakan Hingga Skala Internasional
Aero Press – 6sqft.com

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah 'Manual Brewing'. Kali ini merahputih.com akan membahas sekilas tentang salah satu alat yang dapat digunakan untuk Manual Brewing tersebut yakni 'Aero Press'.

Aero Press merupakan salah satu jenis alat yang digunakan untuk menyeduh kopi secara manual. Alat ini ditemukan pertama kali tahun 2005 oleh Alan Adler dari Aerobie, Inc. Bentuknya silinder panjang yang terpisah menjadi dua bagian besar mirip bentuk sebuah suntikan. Bukan hanya digunakan untuk membuat filtered coffee saja, Aero Press dapat digunakan juga untuk membuat espresso dengan kualitas rasa yang tidak kalah dengan mesin espresso mutakhir lain.

Original AeroPress Method

Aero Press – districtroasters.com

Aero Press memiliki beberapa kelebihan dibanding alat seduh kopi lainnya; terbuat dari bahan yang ringan dan ukurannya yang tidak terlalu besar menjadikan Aero Press mudah untuk dibawa kemanapun saat Anda berpergian. Selain itu, mudah dibersihkan, dan tentunya mudah digunakan.

Dalam proses menyeduh kopi menggunakan Aero Press, ada beberapa metode yang dapat digunakan seperti langsung ditekan (tradisional) ataupun dibalik terlebih dahulu (inverted). Para penyeduh kopi saat ini memiliki metode masing-masing dalam menggunakan Aero Press untuk menghasilkan rasa kopi yang maksimal dan memuaskan, tidak heran jika Aero Press dijadikan ajang kompetisi bergengsi hingga skala internasional.

Simak cerita kompetisi Aero Press dari Prawira Adhiguna, sang juara Indonesia Aeropress Championship 2016.

#Coffee Shop #Barista #Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Stella Maris

steel yourself & soldier on
Bagikan