Adu Tajir 2 Calon Panglima TNI

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 08 Oktober 2021
Adu Tajir 2 Calon Panglima TNI
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Foto: Dispen AL

MerahPutih.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

Diketahui, Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021. Namun hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum juga menyerahkan Surat Presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI kepada DPR.

Baca Juga

Survei Calon Panglima TNI, Jenderal Andika Hanya Kalah dari Laksamana Yudo Dalam Hal ini

Terlepas dari nama yang akan dipilih Presiden Jokowi nantinya, menarik untuk menelisik harta kekayaan kedua calon orang nomor satu di tubuh TNI tersebut.

Berdasarkan laman elhkpn.kpk.go.id yang diakses MerahPutih.com, Jumat (8/10), Andika melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 20 Juni 2020.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut, jenderal bintang empat itu tercatat memiliki harta kekayaan Rp 179,99 miliar.

Harta kekayaan Andika terdiri dari harta tidak bergerak dan harta bergerak. Untuk harta tidak bergerak, ia tercatat memiliki tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Bali hingga Amerika Serikat.

Secara total, menantu mantan Kepala Badam Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono ini mengaku seluruh bidang tanah dan bangunan yang dimilikinya ditaksir senilai Rp 38,16 miliar.

Dari 20 bidang tanah dan bangunan yang dimilikinya, Andika mengaku hanya satu bidang tanah dan bangunan, yakni tanah seluas 1.000 m2 di Bogor senilai Rp 500 juta yang merupakan hasil sendiri.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa di Puspom TNI AD, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (20/4). Foto: MP/Kanu
Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa di Puspom TNI AD, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (20/4). Foto: MP/Kanu

Sementara 19 bidang tanah dan bangunan lainnya, termasuk yang berada di Amerika Serikat dan Australia merupakan hibah tanpa akta. Selain itu, Andika juga mengaku memiliki harta berupa kas dan setara kas dengan nilai mencapai Rp 126 miliar.

Selain tanah dan bangunan, mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ini juga tercatat memiliki satu unit mobil Land Rover Sport senilai Rp 800 juta dan mobil Mercedez-Benz Sprinter senilai 1,8 miliar.

Tak hanya itu, Andika mengaku memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 10,1 miliar, surat berharga senilai Rp 2,14 miliar. Harta Andika didominasi kas dan setara kas dengan nilai total Rp 126,98 miliar. Dengan demikian, total harta alumnus Akademi Militer tahun 1987 ini berjumlah Rp 179,9 miliar.

Sementara Yudo Margono terakhir melaporkan hartanya kepada KPK pada 22 Februari 2021 untuk pelaporan periodik tahun 2020. Berdasarkan LHKPN tersebut, alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988 itu mengaku memiliki harta Rp 11,36 miliar.

Harta kekayaan Yudo terdiri dari harta tidak bergerak dan harta bergerak. Untuk harta tidak bergerak, ia tercatat memiliki 18 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Bekasi, Sorong, Bogor, Tangerang, dan Madiun.

Seluruh tanah dan bangunan yang dimiliki mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) pertama itu bernilai total Rp 6,9 miliar.

Sementara untuk harta bergerak, Yudo tercatat memiliki dua unit motor Honda, satu unit mobil Toyota Fortuner, dan satu unit Mitsubishi Pajero Sport dengan nilai total Rp 630 juta.

Yudo juga mengaku memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 365 juta. Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur ini, juga memiliki harta berupa kas dan setara kas dengan nilai total Rp 3,4 miliar. Dengan demikian total harta yang dimiliki Yudo berjumlah Rp 11,36 miliar. (Pon)

Baca Juga

DPR Berikan PR untuk Calon Panglima TNI Baru

#Breaking #Panglima TNI #Jenderal Andika Perkasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan