Unik
Adu Lambat di Pacuan Kuda Ban Ei Pacuan kuda Ban'ei yang unik di Pulau Hokkaido. (instagram rikaoalfa)

PACUAN kuda biasanya tentang kecepatan. Namun hal berbeda terjadi di pacuan Ban'ei. Pacuan kuda di Pulau Hokkaido, Jepang, ini memang unik. Alih-alih memperlombakan kecepatan, pacuan kuda ini mempertandingkan ketahanan dan stamina yang dimiliki kuda.

Kuda pacu yang gunakan dalam balap ini ialah jenis Ban'ei, yang juga dikenal sebagai Banba. Kuda Ban'ei sangat berbeda dari kuda ras cepat yang biasa dikaitkan dengan pacuan kuda. Beratnya bisa mencapai 1.200 kilogram dengan ukuran lebih dari dua kali ukuran kuda Dosanko kecil asli Hokkaido. Kuda-kuda ini merupakan persilangan dari kuda pekerja yang diimpor dari Prancis dan Belgia pada akhir abad ke-19 untuk membantu petani menggarap lahan mereka. Di masa kini, kuda Ban'ei dianggap sebagai ras Jepang. Tergantung pada ukurannya, hewan kuat ini dapat menarik beban hingga satu 1 ton. Jenis kekuatan itulah yang dibutuhkan untuk memenangi pacuan kuda paling lambat di dunia ini.

BACA JUGA:

Si Menggemaskan yang Mematikan

Kuda balap Ban'ei diharuskan menarik kereta luncur berat dengan berat antara 450 kilogram dan 1 ton ke atas. Mereka akan melintasi trek balap pasir lengkap dengan setidaknya dua jalur landai. Itu merupakan pekerjaan yang sulit. Dalam hal ini, kuda memerlukan sering istirahat, terutama setelah melewati rintangan. Joki juga berperan, tetapi itu tidak memastikan bahwa kuda berlari secepat mungkin. Joki bahkan tidak membawa cambuk, melainkan hanya menggunakan tongkat berat untuk mendorong kuda maju. Joki akan sering memacu kudanya, bahkan menghentikan mereka di antara dua rintangan untuk memberi mereka kesempatan pulih dan meningkatkan peluang mereka untuk mencapai garis finish.

Menang dengan mudah bukanlah pilihan dalam balapan Ban'ei, karena kuda harus menarik kereta luncur mereka sepenuhnya melintasi garis finish. Sebuah aturan yang unik untuk bentuk pacuan kuda ini.

Sejarah balap kuda Ban'ei dapat ditelusuri kembali ke 1887. Namun, baru pada pertengahan abad ke-20 olahraga ini menjadi populer di seluruh Pulau Hokkaido. Pada puncaknya, pada 1991, balap kuda Ban'ei dipraktikkan di Kota Obihiro, Asahikawa, Kitami, dan Iwamizawa. Penjualan tiket untuk pacuan unik itu bahkan sudah melebihi 32 miliar yen. Namun, gelembung ekonomi Jepang meledak. Pada 2006, arena pacuan kuda di Obihiro menjadi satu-satunya yang masih beroperasi.

Untungnya, pada 2012, pacuan kuda Ban'ei dinyatakan sebagai warisan budaya penting Hokkaido. Sponsor perusahaan besar bergegas untuk memastikan kelangsungannya melalui sumbangan. Olahraga itu berkembang pesat sejak itu. Pada tahun fiskal 2017, pendapatan dari pacuan ini meningkat menjadi 21,9 juta yen, 36,1 persen lebih tinggi daripada tahun sebelumnya.(jhn)

BACA JUGA:

Perayaan Membakar Gunung di Jepang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bahaya Malware Versi Baru, Penguras Rekening Bank
Fun
Bahaya Malware Versi Baru, Penguras Rekening Bank

Keamanan rekening bank terancam apabila terkena serangan malware ini.

5 Cara Bangkitkan Mood Berolahraga Agar Tubuh Sehat Pikiran Damai
Fun
Perspektif Berbeda, Resolusi Memahami Orang Lain
Fun
Perspektif Berbeda, Resolusi Memahami Orang Lain

Memahami orang lain adalah dengan mengerti perspektifnya.

Tips Aman Berdonasi Tanpa Diselewengkan
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Aman Berdonasi Tanpa Diselewengkan

Sesuai aturan, lembaga yang mengumpulkan sumbangan harus menjalankan tiga prinsip, yakni tertib, transparan, dan akuntabel.

Maksimalkan Konten di Media Sosial Menggunakan POCO M4 Pro
Fun
Maksimalkan Konten di Media Sosial Menggunakan POCO M4 Pro

POCO M4 Pro siap memaksimalkan konten media sosial kamu.

Mercedes-Benz Kembangkan Sistem Operasi MB.OS
Fun
Mercedes-Benz Kembangkan Sistem Operasi MB.OS

Untuk mewujudkan sistem operasi MB.OS, Mercedes-Benz berencana mempekerjakan sekitar seribu pengembang software.

Nvidia Luncurkan RTX 3080 dengan 12GB Memori
Fun
Nvidia Luncurkan RTX 3080 dengan 12GB Memori

Model 12GB ini diketahui baru mulai dijual pada 11 Januari 2022.

Fazzio 125 Hybrid Dilengkapi Dua Sumber Tenaga
Fun
Fazzio 125 Hybrid Dilengkapi Dua Sumber Tenaga

Yamaha Fazzio merupakan motor 125 cc pertama dengan teknologi terbaru Blue Core Hybrid

Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sepatu
Fun
Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sepatu

Salah membeli sepatu, kaki yang menjadi korban.

Pengingat Karma Phala di Single Terbaru Jangar
ShowBiz
Pengingat Karma Phala di Single Terbaru Jangar

Dua single terbaru Jangar ceritakan persoalan sebab akibat dalam siklus kehidupan.